fbpx
Beranda all Yang Menyambut Sekdes Tahun 2020, Gaji Setara PNS Dinaikkan Jokowi

Yang Menyambut Sekdes Tahun 2020, Gaji Setara PNS Dinaikkan Jokowi

News, Desa Dikutip dari laman tribun-timur.com, pada 30/12/2019. Pemerintah sudah menjamin seluruh perangkat desa, termasuk Sekretaris Desa juga mendapatkan gaji pokok.

Gaji Sekdes

Besarannya diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Besarannya lebih sedikit bila dibandingkan dengan gaji pokok Kades yang sebesar 120 persen gaji pokok PNS IIA, kalau Sekretaris Desa mendapatkan bayaran 110 persen dari PNS IIA yaitu sebesar Rp 2.224.420 per bulannya.

Besaran gaji yang telah dirubah ini mulai berlaku pada Maret 2019 lalu. Berhubung gaji perangkat desa berasal dari APB Desa, ada beberapa desa yang mungkin anggarannya sudah dirancang pas-pasan untuk program desa selama setahun.

Dengan begitu, kenaikan gaji perangkat desa maka bisa dilakukan mulai Januari 2020.

Sementara untuk tunjangannya, tidak ada angka pasti. Yang jelas, perangkat desa mendapatkan tunjangan yang berasal dari APB Desa dan keuntungan dari hasil pengelolaan tanah bengkok atau yang disebut lahan garapan milik desa.

Gaji perangkat desa juga mencakup jabatan lainnya selain Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Ada beberapa posisi strategis yang selama ini turut andil dalam kepengurusan desa, seperti Pelaksana Teknis Desa dan Pelaksana Kewilayahan.

Bila dilihat dari PP Nomor 11 Tahun 2019, gaji perangkat desa lainnya setara 100 persen sama dengan gaji pokok pegawai negeri sipil golongan IIA yaitu sebesar Rp 2.022.200 per bulannya. Selain gaji pokok, mereka juga berhak untuk mendapatkan tunjangan.

Sama dengan Kades dan Sekdes, tunjangan perangkat desa lainnya didapat dari hasil lahan garapan desa atau kalau di Jawa dikenal dengan tanah bengkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Jangan Lukai Hati Istrimu Dengan Perkataan Kasar, Sungguh di Dalam Dirinya Ada Hati yang Mudah Sekali Rapuh dan Terluka

Auto Islam - Untukmu para suami, jaga tutur katamu ketika marah kepada istri, bukankah kamu tahu bahwa wanita itu memiliki hati yang...

Semoga Hari Ini Allah Lapangkan Hati Kita, Rezeki Kita Dan Setiap Urusan Kita

Auto Islam - Semoga hari ini Allah melapangkan hati kita, pikiran kita, rezeki kita, dan setiap urusan-urusan kita, termasuk masalah atau kesulitan...

20 Resep nasi goreng sederhana paling enak, spesial dan praktis

Kuliner - Memasak merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi memasak merupakan kewajiban kita dalam memenuhi kebutuhan harian. Terutama memasak-masakan makanan dengan pola gizi...

Sebelum Lahir ke Dunia, Ini Janji Manusia kepada Allah

Auto Islam - Tahukah Anda bahwa jauh-jauh hari sebelum terlahir ke dunia manusia sudah terikat perjanjian dengan Allah? Dan tidak ada satu...

Viral Begal Payud*ra Intai Mahasiswa di Surabaya

News, Surabaya - Aksi begal payudara diduga terjadi di Jalan Kedung Sroko, Tambaksari, viral di media sosial. Aksi pelecehan seksual tersebut diduga...