fbpx

Tips menjalankan dan memulai usaha bisnis rental mobil

Mobil merupakan produk yang banyak sekali orang membutuhkannya sebagai alat transportasi dan mata pencaharian. Sebagai contoh sebagai ladang pencrian adalah menjadi Driver online. Tentu ini, menjadi peluang usaha bagi pelaku usaha rental mobil.

Ide bisnis rental mobil ini tentunya membuka lapangan pekerjaan baru bagi sebagian orang. Semua bisa di untungkan dengan adanya peluang usaha ini. Bagi pelaku usaha rental mobil tentunya sangat di untungkan dengan perkembangan teknologi yang menjurus ke alat trasnportasi yang menjadi pokok usaha mereka.

Keuntungan rental mobil ini juga cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai usaha kedepannya. Apalagi kita memang memiliki modal yang cukup untuk memulai peluang usaha ini.

Untuk memulai usaha ini kita perlu belajar bagaimana sistemnya bekerja. Baik dari beberapa tips rental mobil yang beredar di online ataupun pelaku usahanya.

Berikut Cara bisnis Rental Mobil jika anda ingin memulai peluang usaha ini.

Mobil Rental anda harus mobil-mobil yang banyak diminati

Dalam kasus ini, anda sedikit harus mengikuti trend pasaran yang mengutamakan kebutuhan. Jadi, anda harus memiliki mobil untuk melakukan bisnis ini. Dan untuk memulai bisnis rental mobil ini harus mengetahui mobil apa yang diminati.

Anda harus lebih memahami kebutuhan pelanggan atau pengguna transpotasi mobil. Kebanyakan penumpang atau orang-orang menyukai mobil-mobil MPV yang bisa membawa penumpang sedikit lebih banyak dan juga tentunya irit bahan bakar.

Baik driver online ataupun penyewa dari kalangan biasa akan relatif memilih kejenis mobil-mobil seperti Avanza, Xenia, Innova, grand max dan lain sebagainya. Karena beberapa kendaraan ini cukup memenuhi apa yang mereka butuhkan.

Dari sini anda sudah bisa menentukan akan membuka bisnis rental mobil dengan mobil seperti apa nantinya. Setelah anda mendapatkan mobil-mobil ini anda bisa menentukan harga sewa berdasarkan type mobil yang anda miliki.

BACA JUGA :   Usaha Dengan Modal Kecil Dan Menguntungkan Di Desa

Hindari Memberli Mobil Bekas untuk Melangkapi Usaha Rental Mobil

Kendati mobil bekas memiliki harga yang cukup terjangkau. Tapi mobil bekas tidak efektif untuk di jadikan mobil rental anda. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh kepada penilaian pelanggan anda nantinya.

Mobil bekas biasanya akan membutuhkan sedikit modal lebih untuk merawatnya. Walaupun itu mobil dengan type yang sama. Serta juga mobil bekas ini seperti yang elah kami sebutkan akan sedikit mengurangi kenyamanan dan aman bagi pelanggan.

Sedangkan jika kita memilih mobil baru, selain memberi rasa aman dan nyaman kepada pelanggan. Rental mobil dengan mobil baru akan mengurangi biaya perawatan. Tentu ini merupakan sebuah keuntungan ketimbang membuka usaha rental mobil denga mobil bekas.


Mobil Baru memang memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bekas. Tetapi pertimbangkan lagi hal untuk membeli mobil bekas.

Membeli Mobil Secara Kredit

Bisnis rental mobil dengan mobil baru seperti yang telah kami uatarakan di atas akan memiliki nilai plus di mata pelanggan. Walau harga sedikit lebih mahal, namun bisa di beli secara kredit.

Untuk itu, anda bisa mengajukan kredit kepada dealer sesuai dengan kebutuhan anda. Atau kalau bisa, anda bisa mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) pada beberapa bank. Jadi untuk memulai usaha ini tentunya tidak susah.

Sedangkan untuk pembayaran kreditnya, anda bisa mengambil dari keuntungan sewa mobil. Atau jika memang memliki modal yang lebih anda bisa membeli mobil baru secara tunai.

Membuat Persyaratan Rental Mobil

Hal ini bertuuan untuk sedikit mengurangi resiko terhadap bisnis rental mobil anda. Bisnis ini tentunya memiliki resiko yang besar. Seperti mobil-mobil yang tidak di kembalikan oleh konsumen.

BACA JUGA :   Peluang Usaha 2019 Sangat Menjanjikan dan Ngasih Untung Luar Biasa

Untuk menghindari hal ini, kita di haruskan membuat beberapa persyaratan terhadap usaha ini. Misalnya seperti membuat peraturan yang ketat dalam sewa menyewa mobil ini. Seperti apa yang akan di lakukan ketika pinjaman tidak di kembalikan. ataupun syarat untuk mendapatkan pinjaman.

Anda bisa meminta pelanggan untuk menanda tangani surat perjanjian pinjam pakai di atas materai yang berkekuatan hukum yang jelas, meminta meninggalkan KTP, SIM, atau identitas lain yang menunjukkan jati diri yang jelas pelanggan/penyewa.

Selain beberapa berkas di atas, anda juga bisa memberikan perlatan tambahan di mobil yang anda sewakan. Seperti misalnya menambahkan sebuah GPS pada bagian tertentu di dalam mobil.

Hal itu digunakan untuk memudahkan melacak posisi mobil saat di bawah oleh pelanggan. Atau melacak saat mobil memang dalam keadaan darurat ataupun dalam resiko terbesar hilang.

Mendaftarkan mobil ke Asuransi

Resiko yang lain selain daripada kehinlangan, bisnis ini juga beresiko terhadap kecelakaan lalu lintas. Jika ini terjadi tentunya kerusakan pada mobil akan tertanggung. Sehingga ini dirasa perlu untuk mendaptarkan mobil ke asuransi.

Sehingga jika terjadi hal-hal seperti yang di akibatkan kecelakaan. Segala kerusakan mobil akan di tanggung oleh pihak asuransi. OLeh karena itu segera daftarkan ke asuransi yang tepat.

Mempromosikan Bisnis Rental Mobil Anda

Untuk memperkenalkan bisnis kepada masyarakat luas. Anda membutuhkan sebuah promosi bisnis. Memulai dengan memasarkan dengan orang terdekat mungkin jalan utama yang bisa anda lakukan.

Hal itu bertujuan untuk memulai dari orang terdekat yang akan menyebar luas dari mulut ke mulut. Kemudian akan tersebar luas.Selain daripada orang terdekat, anda juga bisa mempromosikan bisnis rental mobil anda melalui media promosi seperti media cetak, elektronik dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :   TIPS MEMBUAT KARANGAN

Misalnya anda bisa menggunakan iklan pada halaman surat kabar, mempromosikan di jejaring sosial atau jika memang memiliki kemampuan anda juga bisa mempromosikan memalui situs website anda sendiri.
Pengelolaan Keuangan.

Pengelolaan keuangan yang baik dalam bisnis rental mobil merupakan hal yang juga sangat harus diperhatikan. Karena hal ini akan memberikan prinsip keuangan yang jelas dalam usaha anda.

Jika anda memang tidak bisa untuk menjalankan sistem keuangan yang baik anda bisa menyewa seorang konsultan ataupun mempercayakan kepada journal untuk mengelola keuangang bisnis rental mobil anda.

Jurnal disini adalah Software akuntasi online yang bisa dijadikan solusi keuangan bisnis rental mobil anda. Dengan jurnal anda hanya perlu mencatat seluruh transaksi bisnis kedalam sistem, dan jurnal akan mengelolah ringkasan tersebut menjadi sebuah laporan yang akurat.

Nah, itulah tips rental mobil yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat dan bisa memebrikan pengetahuan bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: