fbpx
Beranda News Tak Pernah Lelah, Sepanjang 2019 Bengkulu Diguncang 787 Kali Gempa

Tak Pernah Lelah, Sepanjang 2019 Bengkulu Diguncang 787 Kali Gempa

News, Nasional – Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Geofisika Kepahiang Provinsi Bengkulu, menghitung sepanjang 2019 telah terjadi 787 kali gempa bumi di Bengkulu.

gempa bumi
ilustrasi Gempa Bumi

Rinciannya, 11 kali gempa bersumber dari patahan lokal atau gempa darat dan 776 kali gempa bersumber dari subduksi atau dari laut. Ratusan gempa itu terhitung sejak Selasa 1 Januari 2019 hingga Sabtu 28 Desember 2019, pukul 12.16 WIB.

Tak pernah Lelah Ratusan gempa yang melanda provinsi yang dihuni 1,9 jiwa ini dengan rentang magnitudo 2,0 hingga 5,6. Dari ratusan getaran gempa tersebut, yang dirasakan masyarakat sebanyak 23 kali.

Dari puluhan gempa yang dirasakan, Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Ahli Muda, BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan yang paling signifikan gempa dirasakan magnitudo 5,6 di Kabupaten Mukomuko.

Gempa Bumi

Gempa itu terjadi pada Senin 16 Desember 2019, sekira pukul 21.49 WIB. Episenter gempa terletak di titik koordinat 3.09 Lintang Selatan (LS) dan 100.81 Bujur Timur (BT). Tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 53 kilometer (Km), arah Barat Daya, Kota Mukumuko, Bengkulu, di kedalaman 54 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi. Selain itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa di Mukomuko, pada Senin 16 Desember 2019, terang Sabar, dirasakan di daerah Mukomuko, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Painan, Sumbar, III-IV MMI, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Kerinci, Jambi, Padang Panjang, Sumbar, III MMI.

“Sepanjang tahun 2019, di Bengkulu terjadi 787 kali gempa. Yang paling signifikan gempa dirasakan M= 5,6 di kabupaten Mukomuko provinsi Bengkulu, pada Senin 16 Desember 2019,” kata Sabar, Sabtu (28/12/2019). (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Konsultan WHO asal China Bersaksi COVID-19 Hasil Persekongkolan Jahat

NEW YORK - Hingga saat ini virus corona masih menjadi misteri, pasalnya kabar apakah virus itu dibentuk dari alam atau buatan manusia...

Ini 15 Pelanggaran yang Pastinya Kena Tilang

VNT, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat pelanggaran lalu lintas pada masa PSBB transisi meningkat hingga 50%. Hal tersebut membuat petugas...

Artis Cantik FTV ‘HH’ Ditangkap di Kamar Hotel Bareng Pria Tajir

VNT, MEDAN - Artis Film Televisi (FTV) dari Ibu Kota berinisial HH, ditangkap Petugas Satreskrim Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Minggu (12/7/2020) malam.

Dor! Buron Kasus Penganiayaan Perwira Polres Sumbawa Tumbang

VNT, SUMBAWA - HS alias Bim, buronan kasus penganiayaan yang menewaskan Ipda Uji Siswanto, perwira di Polres Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB),...

Kejari Muba: Buruh Harian Lepas Wajib Dapat Jaminan Kesehatan

VNT, PALEMBANG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Musi Banyuasin (Muba), menegaskan ribuan Buruh Harian Lepas (BHL) yang ada di Kabupaten Muba, wajib menjadi...
error: Content is protected !!