fbpx
Beranda News Tak Pernah Lelah, Sepanjang 2019 Bengkulu Diguncang 787 Kali Gempa

Tak Pernah Lelah, Sepanjang 2019 Bengkulu Diguncang 787 Kali Gempa

News, Nasional – Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Geofisika Kepahiang Provinsi Bengkulu, menghitung sepanjang 2019 telah terjadi 787 kali gempa bumi di Bengkulu.

gempa bumi
ilustrasi Gempa Bumi

Rinciannya, 11 kali gempa bersumber dari patahan lokal atau gempa darat dan 776 kali gempa bersumber dari subduksi atau dari laut. Ratusan gempa itu terhitung sejak Selasa 1 Januari 2019 hingga Sabtu 28 Desember 2019, pukul 12.16 WIB.

Tak pernah Lelah Ratusan gempa yang melanda provinsi yang dihuni 1,9 jiwa ini dengan rentang magnitudo 2,0 hingga 5,6. Dari ratusan getaran gempa tersebut, yang dirasakan masyarakat sebanyak 23 kali.

Dari puluhan gempa yang dirasakan, Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Ahli Muda, BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan yang paling signifikan gempa dirasakan magnitudo 5,6 di Kabupaten Mukomuko.

Gempa Bumi

Gempa itu terjadi pada Senin 16 Desember 2019, sekira pukul 21.49 WIB. Episenter gempa terletak di titik koordinat 3.09 Lintang Selatan (LS) dan 100.81 Bujur Timur (BT). Tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 53 kilometer (Km), arah Barat Daya, Kota Mukumuko, Bengkulu, di kedalaman 54 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi. Selain itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa di Mukomuko, pada Senin 16 Desember 2019, terang Sabar, dirasakan di daerah Mukomuko, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Painan, Sumbar, III-IV MMI, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Kerinci, Jambi, Padang Panjang, Sumbar, III MMI.

“Sepanjang tahun 2019, di Bengkulu terjadi 787 kali gempa. Yang paling signifikan gempa dirasakan M= 5,6 di kabupaten Mukomuko provinsi Bengkulu, pada Senin 16 Desember 2019,” kata Sabar, Sabtu (28/12/2019). (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Curi 3 Sapi Kurban, 2 Pria Ini Dihadiahi Timah Panas oleh Polisi

VNT, JAMBI - Tim Sultan Sat Reskrim Polres Tebo dan anggota Reskrim Polsek VII Koto Ilir berhasil membekuk dua orang pelaku pencurian...

500 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih di Kota Makassar Reaktif Covid-19

VNT,MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel mengungkapkan adanya 500 orang lebih petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di Kota Makassar yang reaktif...

Russell Westbrook Positif, James Harden Diduga Terpapar Covid-19

VNT, HOUSTON - Bintang Houston Rockets Russell Westbrook dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan James Harden diduga terpapar virus mematikan tersebut. Keduanya tidak berangkat...

Kasus Artis HH, Polisi Tetapkan 2 Mucikari Tersangka

VNT, MEDAN - Polrestabes Medan akhirnya menetapkan 2 mucikari berinisial R dan J sebagai tersangka dalam kasus dugaan prostitusi online yang melibatkan...

Lagi-lagi Youtuber Harus Berurusuan Dengan Kepolisian Gara-gara Kontennya

VNT, SAMPANG - Salah satu youtuber dari Madura harus berurusan dengan kepolisian. Dia adalah Abdullah,30, warga Desa Larlar, Kecamatan Banyuates, Sampang digiring...
error: Content is protected !!