fbpx
Beranda News Tak Pernah Lelah, Sepanjang 2019 Bengkulu Diguncang 787 Kali Gempa

Tak Pernah Lelah, Sepanjang 2019 Bengkulu Diguncang 787 Kali Gempa

News, Nasional – Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Geofisika Kepahiang Provinsi Bengkulu, menghitung sepanjang 2019 telah terjadi 787 kali gempa bumi di Bengkulu.

gempa bumi
ilustrasi Gempa Bumi

Rinciannya, 11 kali gempa bersumber dari patahan lokal atau gempa darat dan 776 kali gempa bersumber dari subduksi atau dari laut. Ratusan gempa itu terhitung sejak Selasa 1 Januari 2019 hingga Sabtu 28 Desember 2019, pukul 12.16 WIB.

Tak pernah Lelah Ratusan gempa yang melanda provinsi yang dihuni 1,9 jiwa ini dengan rentang magnitudo 2,0 hingga 5,6. Dari ratusan getaran gempa tersebut, yang dirasakan masyarakat sebanyak 23 kali.

Dari puluhan gempa yang dirasakan, Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Ahli Muda, BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan yang paling signifikan gempa dirasakan magnitudo 5,6 di Kabupaten Mukomuko.

Gempa Bumi

Gempa itu terjadi pada Senin 16 Desember 2019, sekira pukul 21.49 WIB. Episenter gempa terletak di titik koordinat 3.09 Lintang Selatan (LS) dan 100.81 Bujur Timur (BT). Tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 53 kilometer (Km), arah Barat Daya, Kota Mukumuko, Bengkulu, di kedalaman 54 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi. Selain itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa di Mukomuko, pada Senin 16 Desember 2019, terang Sabar, dirasakan di daerah Mukomuko, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Painan, Sumbar, III-IV MMI, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Kerinci, Jambi, Padang Panjang, Sumbar, III MMI.

“Sepanjang tahun 2019, di Bengkulu terjadi 787 kali gempa. Yang paling signifikan gempa dirasakan M= 5,6 di kabupaten Mukomuko provinsi Bengkulu, pada Senin 16 Desember 2019,” kata Sabar, Sabtu (28/12/2019). (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Lagi Stroke Tapi Masih Pakai Sabu dan Ekstasi, Warga ini Dilibas Polisi

News, Jambi – Warga Desa Pulau Betung, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Sy (55), dicokok polisi. Penderita stroke ini diduga mengedarkan narkotika...

Diduga Ngantuk, Rush Gasak Pedagang Sayur !

News, Jambi – Lagi, kecelakaan lalu lintas kembali terjadi, akibat kelalaian sopir, diduga sopir mengantuk. Kali ini dua orang pejalan kaki mengalami...

Nyaris Tewas !, Petani Di Jambi Tega Bacok Rekannya Sendiri

News, Jambi - Satuan Reserse Kriminal Polres Kerinci menangkap Warga Desa Baru Lempur, Gunung Raya, Mawardi (62), pelaku pembacokan terhadap Rio, pada...

Fakta Viralnya Siswa di Bekasi Di-bully Pegang Kabel Listrik Motor !

News, Bekasi - Video yang menampilkan diduga adegan perundungan alias bullying terhadap seorang pelajar oleh teman-temanya viral di media sosial. Polisi turun...

Viral Begal : Remas Pinggul Perempuan, Pemuda Cabul di Polman Ditangkap !

News, Polewali - AL (23) hanya tertunduk malu saat diamankan polisi. Buruh serabutan ini ditangkap gegara meremas pinggul seorang perempuan di Kabupaten...