fbpx

Kuliner Indonesia, 8 Masakan Khas Aceh

Kuliner Indonesia

info-usaha.com, Ragam Kuliner – Masyarakat aceh termasuk kedalam etnis rumpun etnis melayu. Etnis melayu menyebar dari semenanjung Malaka, Sumatra serta sebagian Kalimantan. Hal itu membuat adanya kesamaan masakan antara daerah satu dengan yang lainnya.

Provinsi Aceh menurut sejarah banyak di singgahi oleh pedagang-pedagang Gujarat. Di salah satu sisi kota Banda Aceh juga terdapat perkampungan yang mayoritas dihuni keturunan India. Situasi ini membuat dan turut mempengaruhi akan beragamnya kuliner khas aceh.

Dalam bahasa Aceh rupa-rupa makanan di artikan dengan peunajoh. Penggunaan kata peunajoh sama dengan penggunaan kata “kuliner” dalam bahasa Indonesia. Kuliner atau peunajoh Aceh ini sangatlah beragam dan telah mengalami pengaruh percampuran adat budaya dari masyarakat Aceh.

Masakan -masakan jenis gulai dan kari yang banyak mendominasi masakan ataupun kuliner Khas Aceh. Dengan aneka bumbu yang memperkuat cita rasa masakan serta beberapa bumbu khas yang digunakan masyarakat Aceh. Jenis masakan itu seperti Asam Sunti, Plik U dan Asam Keueung (Asam Pedas).

8 Kuliner Indonesia Khas Aceh.

1. Keumamah Tumeh dan Keumamah Lemak

Kuliner indonesia aceh

Eungkot keumamah, dalam bahasa Aceh artinya adalah ikan keumamah. Eungkot artinya adalah ikan. Keumamah itu adalah ikan tongkol yang di iris tipis kemudian direbus dan di keringkan. Supaya lebih tahan lama ikan tongkol di olesi dengan tepung tapioka.

Setelah kering ikan tongkol akan menjadi keras. Oleh karena itu masyarakat Aceh menyebutnya ikan kayee atau ikan kayu. Dan untuk memakan kembali biasanya ikan tersebut direndam terlebih dahulu kemudian di masak dengan bumbu.

Cara memasak keumamah atau ikan kayee ini dengan dua cara yaitu dengan cara dimasak dengan cara tumis dan dimasak dengan kuah berlemak yaitu dengan bumbu gulai yang sangat enak. Rasa gurih nan enak tersebut bukan berasal dari daging melainkan dari santan dan minyak kelapa.

BACA JUGA :   Peluang Usaha 2019 Sangat Menjanjikan dan Ngasih Untung Luar Biasa

2. Ayam Tangkap

Kuliner Indonesia Aceh

Ayam tangkap adalah salah satu kuliner Indonesia kash masakan Aceh Rayeuk atau Aceh Besar. MAsakan ini telah lama dikenal di kalangan masyarakat Aceh Besar, namun baru terkenal setalh tahun 2000-an.

Sebagian orang menyebut ayam ini sebagai masakan sampah. Karena dalam penyajiannya atau dalam memasaknya dengan menggunakan atau mencampur dengan daun-dmenjeaunan seperti daun temurui dan daun pandan.

Bahan maskaan ayam tangkap adalah ayam kampung yang telah dipotong kecil-kecil dan campuran bahan lainnya. Ketika ayam di goreng menjelang matang, masukan daunan berupa daun salam koja (temurui), bawang goreng, pandan, cabe hijau dan daun jeruk. Setelah ayam telah menunjukkan warna kecoklatan baru di angkat.

3. Gulai Plik U

gulai plik u Aceh

Gulai plik u adalah kuliner indonesia maskan khas aceh berikutnya. Masakan ini juga termasuk maskan khas aceh besar. Bahan dasar maskan gulai plik u adalah daging kelapa yang telah dibusukkan. Kemudian daging kelap tersebut dijemur di terik matahari hingga berwarna kecoklatan.

Untuk melengkapi ataupun bahan tambahan yang digunakan untuk memasak gulai plik u adalah daun melinjo, buah melinjo muda, buah pepayah, daun pakis, kacang tanah, sayur nangka, udang kacang panjang, jantung pisang dan sayuran lainnya sesuai selera.

Sedangkan untuk pelengkap bumbu gulai plik u menggunakan cabe rawit, bawang merah, jahe, ketumbar, lengkuas, jahe, dan serai. Semuah bahan tersebut dimasak bersama-sama dengan santan yang telah disiapkan dan plik u (Daging Kelapa yang telah dibusukkan dan di jemur).

4. Maskan Gulai Udang Masak Aceh

Gulai Udang

Bahan dasar yang digunakan untuk memasak masakan ini adalah udang. Sedangkan bahan lain yang digunakan adalah bumbu halus. BUmbu Halus yang digunakan meliputi bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, jahe, jintan dan cabai sesuai dengan selera pedas yang diinginkan.

BACA JUGA :   CONTOH BERKAS CALON KEPALA SEKOLAH

Semua bahan serta bumbu dimasak dengan santan kental yang kemudian di tambah dengan irisan kentang, jeruk, serai dan cabe hijau.

5. Masakan Asam Pedas (Asam Keueung)

Asam Pedas Aceh

Asam Keueung adalah bahasa aceh yang artinya Asam pedas. Sesuai dengan namanya asam pedas, asam yang yang terdapat di dalam menu ini berasal dari asam sunti. Asam sunti adalah bumbu yang sering digunakan dalam memasak masakan khas aceh. Asam sunti yang dimaksudkan adalah asam yang terbuat dari belimbing wuluh yang telah kering.

Gulai asam keueung dapat dimaska menggunakan ikan, udang, daging ayam atau daging sapi. Untuk bahan dasarnya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, serai, kunyit, daun kunyit dan bahan lainnya.

6. Masakan Cumi Teutumeh

cumi aceh

Cumi teutumeh berupa masja dari cumi-cumi yang dimask dengan menggunakan jeruk nipis, belimbing sayur cabai rawit merah, cabe rawit hijau disertai tumisan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, lada, jahe dan kunyit.

7. Tanggirow Peu Aweuh

Ikan tenggiri Aceh

Tanggirow peu aweuh merupakan masakan yang terbuat dari ikan tenggiri. Kemudian dimasak bersama bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, ketumbar , jahe, cabe merah, cabe rawit, garam dan merica.

Bumbu yang telah dihaluskan kemudian ditumis dan dicampur ikan tenggir, lalu di tambahkan daun kunyit, daun jeruk purut, irisan bawang merah, air dan minyak goreng secukupnya. Semuah bahan di masak hingga bumbu meresap rata.

8. Sie Reuboh

Sie reuboh Aceh

Sie Reuboh dalam bahasa Aceh artinya adalah daging rebus. Daging yang digunakan untuk memasak masakan ini adalah sesuai selera. Bisa menggunakan daging sapi atau kambing . dan proses pembuatannya pun cukup sederhana.

Daging yang telah anda siap kemudain anda rebus menggunakan air dengan di campur bawang putih, cabe rawit, cuka dan garam. Rebus daging hingga airnya hampir habis.

BACA JUGA :   Index

Setelah daging melalui prose perebusan. Daging tersebut di lumuri dengan perasan jeruk nipis. Kemudian daging tersebut dibiarkan terbuka atau di angin-anginkan selam satu hari satu malam. USahakan untuk tidak terkena matahari secara langsung.

Daging yang telah melewati proses penjemuran selam kurang lebih satu hari dan satu malam tersebut kemudian di potong berbentuk kubus, kemudian di goreng. Setelah itu, daging di sajikan dengan taburan bawang goreng dan sambal.

Kuliner indonesia Masakn khas aceh yang ke delapan ini terbilang unik. Keunikan masakan ini karena menggunakan cuka enau, yang terbilang populer digunakan di Aceh. Cuka enau disebut juga cuka ijuk atau gampong. Cuka yang satu ini terbilang cuka yang cukup harum dibandingkan cuka kemasan lainnya.

Itulah beragam kuliner Indonesia, masakan khas Aceh. Walaupun itu merupakan masakan khas aceh tidak ada salahnya ketika kita bukan merupakan warga aceh bisa untuk mencoba memasak maskan tersebut.

Sebenarnya cita rasa negeri ini beragam, apalagi ketika kita turun kepada runtutuan yang palin bawah yaitu cita rasa yang di inginkan oleh manusianya atau perorangan. . Jadi setiap maskan tidak akan sama di lidah seseorang dengan yang lainnya.

Berikutnya kami akan menyajikan masakan-masakn ataupun kuliner Indonesa lainnya. Yaitu berupa maskan khas propinsi lainnya. Semoga sajian kami kali ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita ya sob.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: