fbpx
Beranda all KNKT : Sebut Lakalantas Bus Sriwijaya Terbanyak Telan Korban Jiwa Di Tahun...

KNKT : Sebut Lakalantas Bus Sriwijaya Terbanyak Telan Korban Jiwa Di Tahun 2019

News, Lakalantas – Lakalantas Bus AKAP Sriwijaya di jalan Lintas Pagaralam – Lahat Kilometer (Km) 9, Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), merupakan kecelakaan yang memakan korban terbanyak di sepanjang tahun 2019.

Bus Akap Sriwijaya

Di mana kecelakaan di liku Lematang Indah Desa Perahu Dipo, Kecamatan Dipo Selatan Kota Pagar Alam. Memakan korban jiwa sebanyak 35 orang meninggal dunia dan 13 luka-luka.

Hal tersebut disampaikan, Pimpinan Tim Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan, ketika mengecek bus di PO. Sriwijaya Express Pratama, Kamis (26/12/2019).

Pernyataan Tim KNKT

Berikut merupakan ringkasan pernyataan tim KNKT yang kami lansir dari laman okezone.com pada 26/12/2019.

”Dari jumlah korban meninggal dunia, kejadian di Pagar Alam merupakan kecelakaan yang banyak memakan korban jiwa di tahun 2019,” kata Wildan.

Ilustrasi Kecelakaan

Penyebab kecelakaan, kata Wildan, ada 4 faktor. Seperti, teknologi, ada prosedur yang tidak dijalankan, human error dan sistem lalu lintas. Sehingga, jelas Wildan, over kapasitas dan usia bus, bukan menjadi faktor penyebab kecelakaan.

”Kecelakaan bus Sriwijaya bukan masalah over kapasitas maupun usia bus. Namun ini masalah prosedur yang dijalankan,” terang Wildan.

Kecelakaan bus Sriwijaya, terang Wildan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan, mulai dari kelas jalan. Apakah kelas III atau kelas berapa.

”Kalau jalan kelas III tidak boleh di lalui bus seperti Sriwijaya ini. Ini masih kami tanyakan dengan Dinas Perhubungan Sumatera Selatan,” jelas Wildan.

Ditemui terpisah, Kepala Operasional Po. Srwijaya Exspress-Pratama, Bengkulu, Aji Supriyadi mengatakan, secara keseluruhan jumlah penumpang Sriwijaya jurusan Bengkulu-Palembang, sebanyak 31 orang.

Rinciannya, 27 orang dari Kota Bengkulu dan 4 penumpang lainnya dari Po. Sriwijaya di Kabupaten Kepahiang. Penumpang tersebut memesan tiket tanpa menggunakan nama asli atau nama pemesan.

”Kalau yang beli tiket di PO. Sriwijaya ada 31 orang. Dari Kota Bengkulu 27 orang dan 4 orang di Kepahiang,” jelas Aji.

Disinggung masalah over kapasitas penumpang di bus Sriwijaya, terang Aji, dirinya tidak mengetahui jika ada tambahan penumpang yang dinaiki oleh pengemudi atau sopir.

”Itu saya tidak tahu. Kalau data penumpang ada sama kita yang naik di PO.Sriwijaya,” demikian Aji.

Sumber okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Percayalah, Bukan Tampannya yang Akan Menjadikanmu Tenang, Tapi Kesetiaan Dan Tanggung Jawabnya

VNT, Auto Islam - Percayalah wahai wanita, lelaki itu bukan tampannya yang akan menjadikanmu selalu tenang bersamanya, tapi tanggung jawab serta perhatiannya...

Gemuk Setelah Menikah Itu Tandanya Kalian Hidup Bahagia

VNT, Auto Islam - Pernah nggak kamu melihat teman-temanmu yang bertambah gemuk setelah menikah? Atau justru kamu sendiri mengalaminya? Sejak menikah, berat...

Tak Ada Perjalanan Lebih Sempurna Selain Menjadi Tua Bersama Pasangan Tercinta

VNT, Auto Islam - Tak Ada Perjalanan Lebih Sempurna Selain Menjadi Tua Bersama Pasangan Tercinta. Siapapun pasti mengingini pernikahan yang langgeng hingga...

Hargailah Wanitamu Sama Seperti Kau Menghargai Ibumu !

VNT, Auto Islam - Lelaki sejati adalah laki-laki yang tahu bagaimana caranya menghormati ibunya dan tahu bagaimana caranya memperlakukan wanita.

Bikin Nangiis, Video v1raal Sopir Angkot di Semarang Kerja Sambil Bawa Bayi 3,5 Bulan.

Sang ayah, Nurul Mukminin (46), yang bekerja sebagai sopir angkot trayek Johar-Mangkang terpaksa membawa bayinya saat mencari nafkah. Ibunda Bilqis, Ariani Dwi...