fbpx

Edukatif ! Ini 5 Rekomendasi Mainan Anak Usia 2 Tahun

edukatif mainan anak

Info-usaha.com, Peluang Usaha – Dunia anak merupakan dunia yang tak lepas dari mainan dan permainan. Apalagi anak-anak berusia dua tahun ataupun masuk ke dalam anak balita. Pada usia dua tahun, anak-anak memasuki masa perkembangan motorik dan kemampuan kognitifnya.Oleh karena itu, kita selaku orang tua sudah menjadi sebuah keharusan mendukung mereka, dengan cara memberikan mainan edukatif demi membantu tumbuh kembang si kecil.

Apa saja contoh mainan anak usia dua tahun yang edukatif ? Kami merekomendasikan sebagai berikut.

Puzzle

Edukatif

Mainan ini sudah ada sejak abad ke- 17. Permainan ini tentunya dapat melatih kesabaran dan ketekunan serta motorik halus sang anak. Permainan ini memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi berdasarkan dan atau di sesuaikan dengan pola yang dibentuk. Kita Bisa memilih gambar dan warna mencolok serta menarik untuk membeli pussle. Sebaiknya kita memberikan puzzle yang sesuai dengan gambar tokoh kartun yang menjadi favorit sang anak. Sehingga dengan hal tersebut sang anak bisa lebih semangat dalam menyelasikan permainan anak usia dua tahun ini.

Mewarnai Gambar

Edukatif

Mainan anak usia dua tahun lainnya yang juga bernilai edukatif adalah mewarnai. Kegiatan mewarnai gambar ini selain sangat menyenangkan juga dapat memabntu anak kita belajar mengkalsifikasikan atau membedakan serta mengelompokkan warna. Buah hati anda bisa belajar memadukan warna dalam gambar sesuai dengan emosinya dengan mewarnai gambar. Dengan mewarnai mampu melatih motorik halus sang anak serta membiasakan anak untuk belajar memegang pensil. Permainan ini selain cocok untuk anak usia dua tahun ternyata juga cocok untuk orang yang dewasa untuk menghilangkan kejenuhan, stres dan kemarahan.

Color Tower

edukatif

Sesuai dengan namanya color tower artinya adalah menara warna. Ternyata permainan ini juga merupakan rekomendasi untuk anak-anak usiah dua tahun. Selain mampu untuk mengajarkan aneka warna kepada anak, permainan ini juga memberikan pemahaman akan sebuah ukutan besar dan kecil kepada anak.

BACA JUGA :   Kuliner Indonesia, 8 Masakan Khas Aceh

Permainan ini juga memberi edukasi tentang pengajaran kepada anak mengklasifikasikan warna. Sehingga dengan hal tersebut diharapkan orang tua mampu mendeteksi akan adanya gangguan buta warna. Permainan ini juga memberikan pelajaran kognitif bagi sang anak, dimana anak di ajarkan membedakan ukuran mulai dari yang terbesar sampai ke barisan yang terkecil pada menara.

Mainan alat musik

edukatif

Mainan alat musik ini juga merupakan mainan yang edukatif untuk anak. Anda bisa membelikan beragam mainan alat musik tiruan yang berada di pasaran. Misalnya piano, drum, guitar, terompet dan masih bnyak lagi. Mainan seperti itu tinggal di sesuaikan untuk anak anda yang berusia dua tahun.

Misalnya dengan membelikan piano tiruan. Disini anak di ajarkan mengenal tangga nada. Jadi anak sudah di ajarkan perbedaan jenis bunyi pada alat musik tersebut. Sedangkan terompet bisa mengaktifkan otot muka anak sehingga di harapakan dapat menghindari cadel pada sang anak. Untuk anak yang beremosi tinggi akan lebih memilih mainan drum.

Mainan Sepeda

edukatif

Mainan ini juga merupakan mainan yang di rekomendasikan. Akan tetapi mainan sepeda yang kami maksudkan adalah mainan sepeda roda tiga. Mainan ini di harapkan mampu melatih fisik sang anak. Dengan artian kita mengajarkan pola hidup sehat kepada anak. Mengapa demikian? karena untuk menggerakan sepeda maka anak akan memutar pedal sepeda. Sehingga selain olahraga sepeda ini juga akan memberikan pelatihan terhadap keseimbangan tubuh, koordinasi antara otak dan kaki dan juga tangan, serta motorik kasar bagi anak. Tapi, permainan ini harus berada dalam pengawasan orang dewasa ya sob. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa rekomendasi mainan anak untuk usia dua tahun. Semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi sang buah hati.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: