fbpx
Beranda all Dosa Suami, Ketika Membuat Istrinya Menangis

Dosa Suami, Ketika Membuat Istrinya Menangis

menangis islami

info-usaha.com, Lifestyle – Dalam berumah tangga, ada saja cekcok antara suami dan istri. Dari mulai masalah sepele sampai masalah yang besar. Tidak jarang suami yang dengan entengnya (ringan tangan) memukul istri sampai istri menangis.

Sikap yang tidak mau mengala sampai sikap egois yang tinggi terkadang juga dapat memicu pertengkaran di antara keduanya. Padahal salah satu dari mereka belumlah tentu benar dengan argumen yang mereka miliki.

Dari situ nantinya timbul permasalahan yang lebih besar lagi. Awalnya hanya cekcok mulut dan pertengkaran karena hal kecil meluap menjadi besar dan mengarah kepada hal yang fatal.

Jika tidak dihadapi dengan kepala dingin, bukan tidak mungkin cekcok tersebut berujung pada perceraian dan hal itu akan berimbas pada mental anak-anak mereka.

Sebenarnya, bagaimanakah hukum membuat istri menangis dalam Islam?

Allah berfirman:

Dan pergaulilah istrimu-istrimu dengan baik. Lalu, jika kamu tidak menyukai mereka, maka bersabarlah karena mungkin engkau tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. An-Nisa: 19)

Ayat di atas menerangkan bahwa Allah Subhana wa Taala memerintahkan para suami untuk mempergauli istrinya dengan baik, dan apabila suami tidak menyukainya agar bersabar.

Dalam hadits disebutkan:

Barang siapa menggembirakan hati istrinya, maka seakan-akan ia menangis takut kepada Allah. Barang siapa menangis karena takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnya masuk neraka. Sesungguhnya ketika suami istri saling memperhatikan, maka Allah akan memperhatikan mereka berdua dengan penuh rahmat. Saat suami memegang telapak tangan istri, maka bergugurlah dosa-dosa suami istri itu lewat sela-sela jari mereka. (HR. Maisarah bin Ali, dari Ar-Rafi, dari Abu Said Al-Khudzri)

Dari hadits di atas, diterangkan bahwa bagi suami yang menggembirakan hati istrinya, maka oleh Allah dianggap seakan-akan sang suami menangis karena ia takut kepada Allah, dan barang siapa menangis karena takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnya masuk neraka.

Adapun hukum suami yang membuat menangis istrinya tanpa hak adalah haram.

Allah berfirman:

Orang-orang yang menyakiti mumin laki-laki dan mumin perempuan tanpa perbuatan yang mereka lakukan, Maka sesungguhnya mereka telah menanggung kebohongan dan dosa yang nyata. (QS. Al-Ahzaab: 84)

Allah telah melarang kita untuk saling menyakiti orang lain, terutama antar sesama muslim tanpa hak. Bagi orang-orang yang menyakiti atau melukai orang mumin baik itu mumin laki-laki maupun mumin perempuan dengan tanpa perbuatan yang mereka lakukan, maka dia akan menanggung kebohongannya dan juga dosa.

Semoga sobat info-usaha.com tidak demikian ya… dan apabila kita telah melakukan hendaklah untuk merubahnya. next nantikan artikel kami berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Lagi Stroke Tapi Masih Pakai Sabu dan Ekstasi, Warga ini Dilibas Polisi

News, Jambi – Warga Desa Pulau Betung, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Sy (55), dicokok polisi. Penderita stroke ini diduga mengedarkan narkotika...

Diduga Ngantuk, Rush Gasak Pedagang Sayur !

News, Jambi – Lagi, kecelakaan lalu lintas kembali terjadi, akibat kelalaian sopir, diduga sopir mengantuk. Kali ini dua orang pejalan kaki mengalami...

Nyaris Tewas !, Petani Di Jambi Tega Bacok Rekannya Sendiri

News, Jambi - Satuan Reserse Kriminal Polres Kerinci menangkap Warga Desa Baru Lempur, Gunung Raya, Mawardi (62), pelaku pembacokan terhadap Rio, pada...

Fakta Viralnya Siswa di Bekasi Di-bully Pegang Kabel Listrik Motor !

News, Bekasi - Video yang menampilkan diduga adegan perundungan alias bullying terhadap seorang pelajar oleh teman-temanya viral di media sosial. Polisi turun...

Viral Begal : Remas Pinggul Perempuan, Pemuda Cabul di Polman Ditangkap !

News, Polewali - AL (23) hanya tertunduk malu saat diamankan polisi. Buruh serabutan ini ditangkap gegara meremas pinggul seorang perempuan di Kabupaten...