fbpx
Beranda all Bundha, Ketahuilah Inilah 5 Jurus Rahasia agar Anak Suka Membaca

Bundha, Ketahuilah Inilah 5 Jurus Rahasia agar Anak Suka Membaca

VNT, Auto Islam – Memiliki buah hati yang cerdas merupakan dambaan seluruh orang tua. Berbagai cara akan dilakukan oleh orang tua untuk menjadikan anak-anaknya soleh dan cerdas. Orang tua juga melakukan beberapa kiat terntentu.

Salah satu kiatnya agar anak menjadi pintar yakni dengan membuatnya gemar membaca. Membaca itu merupakan hobi positif yang mencerdaskan. Nah, berikut ini jurus jitu agar anak suka membaca. Selamat bereksplorasi dan mencobanya

Jurus pertama,

Jadikan membaca sebagai hobi. Hal ini memang terdengar klasik. Namun, sebelum menginginkan anak suka membaca, jadikan diri sendiri suka membaca. Hobi memang tidak diwariskan secara genetika, namun hobi kedua orangtua akan membentuk dan mendidik anak secara tidak langsung. Bila kedua orangtua hanya dapat menyuruh, pastilah anak merasa enggan. Namun jika membaca sudah menjadi hobi orangtua, maka anak lama-kelamaan pasti juga terbiasa untuk membaca buku.

Orang tua dan anak

Jurus kedua,

Berikan buku sebagai hadiah untuk anak. Alih-alih membelikan es krim, permen, mainan, atau souvenir lainnya, belilah buku bacaan atau komik bergambar untuk anak-anak. Secara perlahan namun pasti, anak akan terbiasa membaca, apalagi kalau buku tersebut menarik perhatiannya. Buku kisah nabi-nabi, rasul, dan para sahabat, kisah sukses ilmuwan muslim, buku komik tentang cara salat dapat diberikan sebagai hadiah terindah untuk anak-anak.

Jurus ketiga,

Wisata literasi. Maksudnya, sering mengajak anak mengunjungi perpustakaan, pameran buku, atau toko buku. Di waktu luang atau liburan, sesekali ajaklah anak untuk berwisata literasi. Wisata literasi ini sekaligus bermanfaat untuk melatih daya kognitif, pemahaman, imajinasi, dan kreativitas anak. Wisata literasi ini salah satu bentuk wisata edukasi yang bermanfaat untuk mencerdaskan anak.

Jurus keempat,

biasakan mendongeng sebelum tidur. Di era modern ini, kebiasaan mendongeng sebelum tidur merupakan kebiasaan langka yang sudah hampir punah. Padahal kakek dan nenek kita dulu sering sekali mendongeng sebagai pengantar tidur. Anak-anak yang dahulunya sering mendengar kakek, nenek, atau ayah ibunya mendongeng, hampir dapat dipastikan ketika dewasa suka membaca buku.

Jurus kelima,

Bedah buku. Maksudnya, di akhir pekan, ayah atau ibu dapat bercerita tentang satu buku yang pernah dibaca. Begitu pula anak. Ia bercerita satu buku yang telah dibacanya. Setelah itu, semuanya saling mendiskusikan sisi kelebihan, kelemahan, nilai-nilai moral, pesan dari buku yang telah dibacanya. Acara bedah buku ini lebih menarik bila dilanjutkan dengan menonton film atau diselingi dengan memakan kudapan ringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Resep Takjil Buka Puasa Ramadhan, Sehat, Segar dan Mudah Dibuat Di Rumah

VNT Ramadhan - Bulan ramadhan merupakan bulan suci yang indah bagi umat islam. Setiap ramadhan tentu bagi kaum muslimin merupakan bulan yang...

Semua Orang Pernah “Nakal” Sebelum Menjadi Baik, Tapi Itu Lebih Baik Daripada Baik Kemudian “Nakal”

Auto Islam - untukmu yang senantiasa takut tidak menemukan jodoh yang baik, cuma karna siuman kalau dahulu sempat bandel dan juga tidak...

Jangan Takut Miskin Karena Suka Mentraktir Atau Menberi Makan Orang Lain

Pasti semua orang di zaman ini tidak lagi asing dengan istilah "traktir", mentraktir bisa dilakukan seseorang ketika memiliki rezeki yang berlebih.

Video Bapak Hantam Anak Hingga Terpental di Sibolga Viral, Ini Kata Polisi

Sibolga - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria menghantam kepala anak laki-laki hingga terpental di Sibolga viral. Polisi pun buka suara.

Fakta 3 Satpam Aniaya Tukang Becak di Solo, Viral di Media Sosial dan Pelaku Ditangkap

Video yang memperlihatkan tiga oknum satpam melakukan penganiayaan terhadap tukang becak di Solo, Jawa Tengah, viral di media sosial.
error: Content is protected !!