fbpx

Bisnis Rental Mobil dan Beberapa Keuntungannya

Ide Bisnis

Mobil ataupun kendaraan bermotor sangat dibutuhkan, baik untuk keperluan kelompok, perorangan dataupun perusahaan. Oleh karena itu bisnis rental mobil bisa anda coba untuk melengkapi usaha anda di rumah.

Bisnis rental mobil ini di anggap bisnis yang cukup menjanjikan dan dinilai lebih praktis saat ini. Tapi, harga mobil cukup mahal dan berbagai biaya lainnya yang mahal juga membuat orang enggan untuk membeli sendiri.

Faktor lain adalah kebutuhan akan kapasitas daripada mobil jug berbeda-beda. Sebagian orang mungkin hanya membutuhkan mobil kecil. Yang akan mereka gunakan untuk berwisata atau menemani perjalanan keluarga.

Namun, untuk mengangkut dengan jumlah yang berlebih maka akan membutuhkan kapasitas mobil yang besar pula. Nah, tentu hal ini akan membutuhkan dana tambahan untuk membeli mobil dengan kapasitas tersebut.

Karena mobil dengan kapasitas besar tersebut tergolong mahal. Maka itu merupakan sebuah peluang bagi pengusaha rental mobil yang notabene menyedikan mobil-mobil dengan kapasitas angkut beragam.

Untuk itu Jasa rental mobil merupakan peluang bisnis baru yang menjanjikan. Mobil merupakan kebutuhan yang cukup urgent akan alat tranportasi, membukabisnis rental mobil juga membawa keuntungan lain bagai pelaku usahanya, anatara lain sebgai berikut.

Mungkin Saja Walaupun Tanpa modal

Rental mobil tanpa Modal ? Apakah mungkin ? tentu saja mungkin. Mobil merupakan kendaraan bermotor dengan harga jual yang tinggi. Apalagi untuk untuk membangun usaha tentu kita akan berfikiran membutuhkan modal yang tinggi pula.

Hal di atas tentunya dapat di atasi, walaupun perhitungan kita demikian. Karena kita bisa membuka bisnis rental mobil bisa saja dengan modal renda dan bahkan tanpa modal sekalipun.

Bagaimana tidak, anda bisa memulai bisnis rental mobil dengan melakukan kredit dalam pembelian armada anda. Karena jika harus membayar lunas anda akan mebutuhkan modal ratusan juta rupiah.

Sekarang Uang depan/ DP 5 juta-an hingga 10 juta-an, satu unit mobil yang anda inginkan untuk menjadi armada bisa segera anda miliki dan sudah bisa untuk disewakan.

untuk perawatan pertama pada mobil baru tidak akan sebesar biaya awal kepemilikan mobil tentunya. Jika memang bisnis rental mobil yang anda jalankan sudah berjalan. Mungkin biaya tersebut segera bisa di atasi dengan hasil sewa yang di dapatkan.

Keuntungan yang di dapat juga bisa untuk membantu mebayar cicilan bulanan mobil. Sehingga yang tadinya satu unit mobil, bisa untuk mencukupi beberapa kebutuhan tersebut.

BACA JUGA :   4 Peluang Usaha dan Ide Bisnis Di Desa Yang Menguntungkan

Cara lain untuk menjalankan bisnis rental mobil tanpa modal adalah dimana anda dapat melakukan kerjasama. Kerjasama kepada mitra yang memiliki kendaraan dan siap untuk di rental atau di sewakan.

Itu tentunya sangatlah tidak membutuhkan modal uang. Cukup dengan memahami teknik pemasaran dan kecakapan baik mencari mitra maupun pelanggan, maka sudah bisa menjalankan bisnis rental mobil.

Anda cuma menghubungkan antara penyewa kepada mitra yang kemudian anda akan mendapatkan fee dari mitra. Jika di jalankan serius , mengapa tidak kedepan anda bisa membuka usaha rental sendiri dengan unit kendaraan anda sendiri.

Berapa keuntungan bisnis rental mobil ?

Berikut merupakan sebuah ansumsi keuntungan dari bisnis rental mobil.

Modal awal

Unit Avanza 1.3 E M/T, tenor kredit 48 bulan (4 Tahun)

Uang muka Sebesar Rp. 38.780.000

Angsuran Bulan ke 1 Rp. 5.010.000

Asuransi All Risk Rp. 3.000.000

Biaya promosi Rp. 300.000 Bahkan bisa kurang

Biaya lainnya + Aksesoris Rp. 5.000.000

Jumlah investasi awal yang di butuhkan untuk satu unit mobil tersebut adalah Rp. 52.090.000

Operasional Per Bulan

Kredit / angsuran bulanan Rp. 5.010.000

Biaya servis dan lainnya Rp. 700.000

Lain-lain Rp. 500.000

Total biaya bulanan Rp. 6.210.000

Asumsi omzet bulanan rental mobil

Satu bulan kalender cukup 25 hari atau sama dengan 25 kali mobil di rentalkan. Sedangkan untuk per satu hari bisa di bandrol mulai dari Rp. 400.000 per unit mobil.

25 hari x Rp. 400.000 = Rp. 10.000.000

Itu merupakan penghasilan bruto dari usaha rental mobil yang anda jalankan. Dan itu merupakan keuntungan yang bisa di capai hanya dengan satu unit mobil saja. Bayangkan saja jika memiliki beberapa unit dengan kapasitas yang besar juga.

Keuntungan perbulan rental mobil

Berdasarkan asumsi keuntungan di atas. Maka dapat disimpulkan bahwa keuntungan yang di dapat cukup besar. Namun untung tersebut akan di kurangi dengan biaya yang harus dikeluarkan di setiap bulanya.

= omzet – Biaya Operasional Bulanan

= Rp. 10.000.000 – Rp. 6.210.000 = Rp. 3.790.000

jadi keuntungan bersih perbulan yang kita dapatkan jika memenuhi asumsi tersebut adalah Rp. 3.790.000. Tinggal kita kalikan berapa unit mobil sejenis avanza 1.3 E M/T. Jika modil dengan tipe lain mungkin lebih besar ataupun akan lebih kecil.

Asumsi keuntungan tersebut akan kita dapatkan jika memang kita kerjakan dengan serius. Anggap itu adalah target terbesar yang kita dapatkan di setiap bulannya. Walaupun penghasilan tidak akan sama setiap bulan berikutnya.

BACA JUGA :   Ada Yang Mencoba Menjodohkan Dan Ada Yang Mencoba Menjatuhkan Karirmu ! Apa ini Zodiakmu ?

Harga dan tarif yang tertera di atas bisa saja sewaktu-waktu anda rubah. Apalagi pada kesempatan seperti hari-hari besar, libur panjang, dan hari lain yang memungkinkan.

Anda bisa memberikan sistem paket kepada penyewa. Seperti halnya sopir penginapan dan lain-lain. Apalagi perjalanan yang di lakukan ke luar kota tempat anda tinggal.

Persaingan yang ketat namun tetap ada peluang (Pasar Yang Luas )

Walaupun persaingan bisnis ini relatif ketat. Namun, masih saja tetap ada ruang untuk kita memulai bisnis ini. Karena untuk memasarkan dan mempromosikan bisis rental ini, pasarnya juga cukup luas.

Baik di kota besar maupun kota kecil, mobil di butuhkan untuk berbagai kepentingan. Mobil yang dibutuhkan atau digunakan juga bervariasi mulai dari avanza, xenia, innova, SUV, MPV, Minibus bahkan pick up.

Mobil-mobil itu tentunya mobil yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan . Baik keluarga maupaun kepentingan kelompok ataupun perusahaan. Tentu dari sisi itu membuat peluang itu tetap ada.

Pengelolaan Bisnis Rental Mobil

Bisnis rentl mobil ini pengelolaannya terbilang mudah. Rental mobil merupakan bisinsi bidang otomotif yang telah banyak di bilang sangat mudah di kelola. Hal itu karena bisnis rental mobil bisa di jalankan di rumah.

Tentu saja bisnsi yang di jalankan di rumah akan lebih mudah pengelolaanya, baik untuk mengontrol usahanya maupaun mengontrokl keluarga. Selain itu yang lebih memudahkan adalah anda bisa menyerahkan mobil anda kepada jasa rental untuk menyewakan mobil anda.

Sehingga jika anda menyerahkan kepada jasa rental mobi, anda akan mendapatkan persenan dari hasil penyewaan sesuai dengan kesepakatan antara anda dan perusahaan penyedia jasa rental.

Anda juga bisa menyewakan mobil kepada perusahaan. Hal ini ternyata lebih menguntungkan, karena biaya perawatan mobil biasanya akan di tanggung oleh perusahaan. Selain itu perusahaan juga akan menyewa dalam jangka waktu yang cukup lama.

Perusahaan akan menyewa dalam kurun waktu yang relatif panjang bisa mingguan, bulanan bahkan bisa sampai tahunan. Sehingga hal ini tentu memberi keuntungan lebih bagi anda. Baik dari pengelolaan dan keuntungan yang di dapat.

Tangani Resiko dengan Beberapa piliahan yang tepat

Kemudahan yang ada pada bisnis rental mobil ini ternyata memiliki resiko yang besar dan tinggi. Hal itu membuat bisnis yang mudah untuk di kelolah ini tidak serta merta aman begitu saja ketika di jalankan.

BACA JUGA :   CONTOH BERKAS CALON KEPALA SEKOLAH

Dalam menjalankan bisnis rental mobil ini ternyata yang sering menjadi resiko adalah dimana mobil di bawah kabur oleh penyewa, kecelakaan dan mobil mengalami kerusakan.

Untuk masalah tersebut tentu ada beberapa solusi yang bisa anda tempuh. Misalnya saja dengan memulai memasang peralatan pendukung yang bisa memantau pergerakan mobil anda. Mulai dari memasng GPS dan lain-lain.

Selain daripada pemasangan GPS mungkin andabisa memberlakukan pertran yang ketat ataupun syarat yang ketat dalam proses penyewaan mobil kepada penyewa. Hal ini semoga dapat membantu mengrangi tingkat resiko yang tinggi.

Untuk masalah kerusakan dan kasus kecelakaan yang sering terjadi. Mungkin anda bisa mendaftarkan mobil kepada penyedia asuransi mobil. Asuransi berguna untuk meringankan biaya perbaikan atas kerusakan yang di alami mobil.

Bahkan pada asuransi all risk, kerusakan-kerusakan kecil pun ketika kita klain akan tetap di bayarkan. Untuk mendapatkan asuransi all risk ini tentu saja membutuhkan premi yang tinggi pula.

Kesimpulan

Dari sekian keuntungan yang kita dapatkan dari menjalankan bisnis rental mobil ini. Tentu kita juga harus memperhatikan beberapa kemungkinan terburuk yang juga akan menghampiri kita nantinya.

Sehingga untuk mencegah hal -hal yang tidak di inginkan kita di haruskan untuk lebih matang dalam membuat rencana dan menganalisis sebuah resiko.

Anda juga bisa memberlakukan aplikasi sistem peminjaman yang bertujuan untuk mengantisipasi resiko akan kehilangan mobil rental anda.

Yang terpenting adalah bagaimana anda mengelolah bisnis rental mobil dengan baik dan benar suapaya tetap berkembang. Selain harus tetap semangat dalam menjalankan promosi dan tetap membuat perhitungan yang jelas terhadap keuangan.

Untuk perhitungan keuangan yang lebih sederhana bisa memanfaatkan software akuntansi yang kini sudah banyak ditawarkan. Namun untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa mencoba Jurnal, software akuntansi online nomor satu di Indonesia.

Tidak hanya sebagai wadah meng-input data, Jurnal juga bisa menghasilkan output yang lebih banyak dan maksimal. Neraca keuangan, arus kas, laba rugi, faktur pajak, kalkulasi persediaan barang dan lain sebagainya bisa dihasilkan dengan cara mudah.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: