fbpx

6 Ide Bisnis Modal Kecil Dari Barang Bekas

ide bisnis modal kecil

Peluang usaha merupakan salah satu dari sekian banyak yang di cari untuk melengkapi kehidupan. Karena dengan adanya peluang usaha tentunya akan membuka pemikiran untuk menetap suatu usaha yang akan di jalani oleh kita selaku pencari kerja dan peluang usaha.

Akan tetapi, jangankan mengerjakan dan berusaha, terkadang menentukan pilihan saja susah.   Namun ketika kita mengatakan suatu peluang usaha, maka banyak sekali peluang yang belum kita kerjakan entah dengan alasan apa ? ataukan apa ? sehingga yang tadinya sebuah peluang menjadi terbuang percuma.  

Berdasarkan pengalaman mimin ni. Untuk masyarakat perdesaan kadang masih memandang sebelah mata tentang sedikit peluang yang telah ada. Misalnya saja diberikan pelatihan membuat kerajinan tangan. Nah hal ini akan terhenti dengan sendirinya ketika kerajinan tersebut selesai.  

Apakah mereka tidak memikirkan peluang tersebut akan berkembang ketika mereka melanjutkan kreatifitas yang telah di dapat ? ataukah mereka tidak memahami pasar ? atau bagaimana kita kurang tahu.  

Akan tetapi mungkin saja hal itu di pandang karena nilai ekonomis yang diberikan kurang ataukah memang terkendala dengan modal ?

Nah mungkin beberapa peluang kerajinan tangan di bawah ini bisa memberikan peluang usaha baru bagi kamu pencari materi usaha, atau masyarakat yang lagi membutuhkan masukkan tentang kreatifitas apa yang akan di jadikan sebagai peluang usaha mereka.  

Contoh  Peluang Usaha kerjinan tangan dengan budget minim

1. Peluang Usaha Kerjianan tangan dari kardus bekas.

Siapa yang tahu bahwa kerjinan tangan dari kardus bekas bisa di jadikan sebagai peluang usaha dan bisnis anda di rumah. Mulai dari bahan yang bisa anda dapat dari warung-warung tetangga.

Kemudian di olah menjadi kerjinan yang bernilai dan unik. Semakin unik kerjinan yang anda berikan maka semakin besar peluang anda mendapatkan penghasilan dari barang bekas tersebut.   Sehingga jika kita memiliki kemampuan untuk mengolah barang bekas ini.

Maka tidak ada salahnya jika mencoba peluang usaha ini. Peluang usaha ini tentunya selain dapat memanage modal yang cukup kecil juga bisa memberikan manfaat serta keuntungan baik bagi pelaku usahanya maupun lingkungan sekitarnya.  

Bagaimana tidak jika kita panda mengolah barang bekas seperti kardus ini menjadi sebuah kerajinan yang bernilai jual. Selain menguntungkan tentunya anda telah membuka lapangan pekerjaan baru di sekitar anda.   Seperti yang tealah kami katakan bahwa bahan baku kardus biasanya agak sedikit lebih mudah di dapatkan di warung-warung sekitaran anda.

BACA JUGA :   Life Style, Perbedaan Penampilan Soimah Saat Di Keseharian Vs Saat Di Panggung

Bahkan terkadang kita tidak harus merogoh kocek untuk mendapatkannya. Namun saat ini kemungkinan kardus bekas sendiri telah memiliki nilai jual yang harganya cukup murah. Biasanya kardus bekas dijual dengan harga 600 – 800 rupiah saja setiap kilogramnya.

2. Peluang Usaha Kerjinan Tangan Dari Bambu

Info Bisnis

  Kami yakin untuk masyarakat yang berada di Desa lebih mudah untuk memanfaatkan peluang usaha dan kerjinan tangan dari bambu ini. Banyak sekali kerjinan dari bambu yang memiliki nilai jual tinggi. Sehingga tentu saja ini bisa anda manfaatkan untuk menjadi usaha anda di rumah.

  Sebagai contoh, misalnya saja bambu anda olah menjadi bingkai foto, pena, kandang ayam atau lain sebagainya. Nah tentu saja beberapa kerajinan tersebut memiliki peluang dan nilai jual. Akan tetapi, yang mempengaruhi nilai jualnya adalah kualitas dan keunikan dari kreasi anda.  

ada banyak sekali selain beberapa hal di atas bisa anda coba buat dari kerajinan tangan bambu ini. Jika memungkinkan beberap bambu bisa anda jadikan bahan-bahan rumah tangga seperti kursi, tirai, anyaman dan juga masih banyak lagi lainnya. Kursi bambu mungkin bisa menjadi dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Tirai juga memiliki nilai jual yang lumayan. Tirai bambu ini bisa di fungsikan sebagai pelindung dari trik matahari dan bahkan hujan di rumah.  

Jadi, kenapa tidak ? Jika bambu atau kerajinan tangan dari bambu bisa di jadikan peluang usaha rumahan yang juga cukup menjanjikan. Untuk itu jika anda bisa dan memiliki kemampuan untuk mengolah bahan dasar bambu lebih baik memulai dari sekarang.  

Anda tidak perlu takut dengan pasar. Anda bisa memanfaatkan media sosial atau beberapa aplikasi  pasar modern untuk menjajahkan karya anda. Selain daripada itu tentunya juga anda bisa memasarkan secara offline yang di mulai dari lingkungan sekitar anda.    

3. Peluang Usaha Botol dan Botol Plastik Bekas

Barang bekas yang sat ini juga sering sekali kita pakai dan kita gunakan di rumah. Namun, disisi lain ternyata botol plastik ini merupakan barang bekas yang bisa di olah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual di pasaran. Sebagai contoh misalnya anda bisa mengolahnya menjadi berbagai bentuk pas bunga unik dengan kreasi anda sendiri.  

BACA JUGA :   oRGEN i One dengan style dj manual dangdut

Dengan kreatifitas dan keunikan dari karya anda mungkin bisa di jadikan peluang usaha yang lumayan untuk anda. Seperti halnya beberapa waktu lalu ada sekelompok masyarakat yang mengumpulkan mangkok plastik bekas minuman untuk di jadikan kerajinan tas.

Kerajinan ini memiliki nilai jual yang juga cukup fantastis. Namun, kemungkinan kendala yang di hadapi adalah pasar. Sekarang pastinya pasar tidak menjadi kendala juga. Karena pasar yang bisa anda gunakan adalah pasar online seperti medsos dll.  

4. Peluang Usaha Kerjinan Tangan dari kain Flanel Bekas

  Kalau ini tentunya hanya bisa di manfaatkan oleh tukang jahit ya..? heheh. Namun, masalahnya kalian yang belum atau bukan tukang jahit bisa mendapatkan bahan kain flanel bekas.

Nah, kain ini bisa anda olah menjadi souvenir, atau kerjinan tangan yang bernilai jual. Sperti halnya kain Flanel yang di jadikan seperti permen lolipop untuk bungkus THR lebaran atau masih banyak lagi lainnya.  

Jika anda memang bisa memanfaatkan kain flanela ini menjadi barang yang bernilai jual. Mengapa tidak kelak ini akan menjadi sebuah peluang usaha yang akan menemani keseharian anda. Kain flanela yang didapatkan juga bukan dalam ptongan sempurna, jadi hal itu akan lebih menghemat biaya modal anda.

Itu artinya ini bisa menjadi unsur pendukung peluang usaha modal kecil anda.   Siapa yang tidak mau usaha dengan modal kecil. Tentunya semua orang mendambahkan hal ini. Jika anda memeang telah berkesempatan untuk mendapatkan bahan kain flanel ini.

Sebaiknya segera untuk mencoba peluang usaha ini. Belajar kreatif akan lebih bermakna, asal anda tidak mudah bosan dan menjaukan perasaan dan sifat bosan.  

5. Peluang Usaha Kerjinan Tangan dari Batok Kelapa. 

Nah, bahan dasar yang satu ini juga mudah di dapatkan terutama di pedesaan. Ternyata batok kelapa dapat bernilai jual tinggi.Ternyata, selain menjadi bahan arang untuk bakar sate dan lain-lain. Batok kelapa juga bisa di iolah menjadi kerjinan tangan yang bernilai tinggi seperti halnya kain flanela di atas.

info Bisnis

  Batok kelapa bisa di olah menjadi souvenir pernikahan, seperti gantungan kunci ataupun jenis-jenis kerjinan lain. Yang tentunya bisa menumbuhkan nilai jual batok kelapa tadi ya. Bukan Batok Kepala. Pada tahun 2013 saja nilai per 1 gantungan kunci untuk souvenir bisa mencapai 500 rupiah.

BACA JUGA :   Capricorn, Inilah Sederet Nama Slebritis Yang memiliki Zodiak Capricorn !

Jadi sat batok bisa jadi berapa ? ya di kalikan saja. Akan tetapi semua masih bergantung keunikan dari kreatifitas anda. Karena hal ini tentunya sangat mempengaruhi nilai jual kerajinan anda.  

Selain dari beberapa hal di atas. Masih banyak bentuk kerajinan yang bisa anda coba yang tentunya juga memiliki nilai tersendiri. Batok kelapa ini juga termasuk kedalam bahan baku yang relatif mudah di dapatkan. Apalagi untuk kita yang berada di desa.

Terkadang batok kelapa ini hanya di buang begitu saja.   Namun, saat ini juga untuk di desa batok kelapa sudah mulai bernilai jual walaupun belum menjadi sebuah kerajinan tangan. Karena batok kelapa ini merupakan bahan dasar untuk arang pembakaran para penjual sate.

Jadi sekarang sudah mulai bergerak pengepul batok kelapa. Yang kemudian itu mereka jadikan arang yang kemudian mereka jual.   Intinya adalah dari bahan dasar batok kelapa ini. ternyata banyak sekali peluang usaha yang diberikan. Sekarang tinggal bagaimana anda memanfaatkan sebaik mungkin peluang usaha yang ada di sepan mata.  

6.  Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Tali Sepatu

info Bisnis

  Kerajinan tangan dari tali sepatu ? awas jangan tali sepatu yang lagi pakai ya? hehehe. Nah, ternyata tali sepatu bisa memiliki nilai jual yang lebih dari sekedar nilai jual tali sepatu ketika telah di olah menjadi kerjinan tangan yang berkualitas.

Beberapa tahun lalu di daerah mimin pernah liat ibu-ibu lagi anyam tali sepatu yang di jadikan sebuah tas unik. Harganya cukup fantastis. Satu tas bisa berharga di atas 100K . Kalau di lihat dari nilai tali sepatunya mungkin tidak seberapa. Akan tetapi ternyata setelah di olah ? wow…!

Tapi Inget jangan tali sepatu yang lagi di pakai ya. hehehe.   Nah itulah beberapa peluang usaha dari barang bekas yang mungkin bisa anda kerjakan dari sekarang untuk melengkapi usaha rumahan anda. Tinggal seberapa kemauan anda untuk menjalankan sebuah usaha. Yang sebenarnya usaha itu telah lama berada disekitar anda.

Walau terkadang kita sedikit lebih mengabaikan sehingga yang tadinya sebuah usaha atau bisa dijadikan usaha malah terbuang sia-sia.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: