6 Cara Aman Berbelanja Online Bagi Pemula

Diposting pada

Internet merupakan media yang sudah tak asing lagi untuk seorang pengusaha dan kebanyakan orang lainnya. Internet juga menjadi salah satu media pertemuan antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Sekarang ini, interenet telah merubah suasana hiruk pikuk pasar yang kemudian menjadi sunyi namun tetap ramai. Pasar online tak serta merta mengurangi pasar secara fisik. Namun sedikit lebih merubah suasana. Dimana tadinya pembeli harus berbondong-bondong ke pasar namun sekarang cukup akses dari mana saja maka pasar yang di tuju dan barang yang di cari akan segera hadir untuk di pilih dan di pilah bak pasar tradisional. 

Nah, bagi kita yang sebenarnya baru mengenal atau bisa di katakan seorang pemula dalam mengenal internet dan pasar online. Tentu saja keraguan akan datang menghampiri kita. Karena, banyak di luaran sana konsumen yang memberikan informasi negatif dan juga ada yang memberikan informasi positif dalam berbelanja online. Hal itu tentunya akan mendatangkan atau menimbulkan sebuah keraguan dan ketidak yakinan diri dalam membeli barang secara online. Yang kemudian akan menerbitkan sebuah pertanyaan tentang bagaimana cara berbelanja online ? 
Menjawab pertanyaan di atas sebenarnya cukup mudah. Namun kenali dulu pasar online yang menjadi target kunjungan anda dan apa sih yang akan kta peroleh dari berbelanja online ? 
Mengenali pasar
Mengenali pasar artinya adalah bagaimana anda melihat dan memilah pasar online yang bisa anda percaya. Tenang, maksudnya adalah anda tentukan salah satu dari sekian banyak pasar yang ada. Terutama pasar yang memiliki rating tertinggi. Karena setidaknya mereka akan menawarkan kenyamanan dan keamanan kepada konsumen mereka. Hal ini tentunya menjawab pertanyaan bagaimana cara belanja online. 
Apa yang akan kita peroleh ddari belanja online ?
Tentu saja barang /ataupun kebutuhan yang kita inginkan. Tapi tentu saja kita tetap melihat apa yang kita butuhkan. Selengkapnya pasar online tentu saja masih ada kekurangan, seperti halnya tentang kemungkinan produk yang anda cari belum ditemukan. Namun mesin pencari mereka akan merecord pencarian yang anda lakukan yang kemudian mereka akan mencoba memberikan informasi kepada penjual di tokoh online mereka.  Intinya adalah anda akan mendapatkan produk yang anda cari di pasar online. 
Cara berbelanja online 
Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba selaku pemula dalam berbelanja online. Semoga bermanfaat ya sob. 
1.       Kunjungi Toko Online yang anda percayai
Mengunjungi toko online yang anda percaya misalnya adalah toko online seperti Shopee.co.id, tokopedia, amazon.com dll. Silahkan kunjungi toko tersebut, yang kemudian anda bisa langsung mencari kebutuhan yang anda cari disana jika mereka menyediakannya. 
2.       Review Produk online yang anda cari
Disini maksudnya adalah melihat dan membaca produk yang anda cari. Maksudnya adalah memastikan produk yang anda cari dan menemukan hasil yang benar pada kolom pencarian. Kemudian anda baca deskripsi yang disediakan oleh empunya toko. Serta cek ketersedian dengan mencoba mengirim pesan kepada empunya toko. Akan tetapi anda akan di suruh membuat akun terlebih dahulu. Jadi silahkan buat akun terlebih dahulu kemudian tanyakan produk kepada penjual, apakah masih tersedia atau tidak.
3.       Pastikan Penjual Online Pada Toko Telah Memiliki Penilaian
Hal ini di lakukan untuk mengatasi keraguan anda. Karena setiap penjual akan mendapatkan penilaian dari para pelanggan/konsumennya. Mulai berupa pemberian Nilai Bintang ataupun sejenisnya. Nah dari situ nantinya akan menjawab keraguan anda. Baik dari kualitas produk dan samapai kepada pengiriman barang. Jadi Usahakan membeli pada penjual yang memiliki review bagus.
4.       Transfer dan atau melakukan pembayaran online.
Anda bisa melakukan pemabayaran langsung dengan membayar sesuai notifikasi pada tokoh saat anda melakukan check out. Baik melalui mesin ATM ataupun melalui teller dan atau anda bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh tokoh online. Apa itu ? Ada toko yang menyediakan pembayaran melalui jasa mereka. Yaitu dengan cara kita Top Up saldo sesuai akun yang telah kita daftarkan.
Admin sih lebih menyarankan menggunakan top up. Karena setidaknya ketika di curangi ataupun di jahatin orang. Toko online bisa membantu kita dalam menyelesaikan permasalahannya. Jika kita melalui rek pribadi maka kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Namun, tentu saja beda orang beda pendapat ya. Jadi pilihlah mana yang menurut kamu aman, admin hanya menyarankan.
Perlu di ingat dalam melakukan pembayaran, anda akan di bebankan pada biaya pengiriman sesuai dengan kurir yang tersedia sesuai dengan yang di berikan oleh penjual. Misalnya JNE, J&T Ekspress, POS dll.  Besaran Biaya sesuai dengan tempat penjual ke daerah anda. Harga akan bervariasi antara kurir yang satu dan yang lainnya. Baik dari segi kecepatan yang di tawarkan.

5.       Pastikan Pengisian Data Online  Akun Pada saat Pendaftaran Sudah Benar
Hal ini adalah langkah awal sebenarnya dalam belanja online. Karena disinilah yang menentukan barang yang kita pesan sampai dengan selamat atau tidaknya ke tangan kita. Jadi anda harus memastikan alamat yang anda cantumkan saat mengisi profil pendaftaran sudah sesuai dengan kartu identitas anda. Dan sesuai dengan tempat yang sedang anda duduki saat ini.
Walaupun kemungkinan buruknya masih ada kemungkinan terjadi. Namun ketika kita ditemukan dan di hadapkan dengan permasalahan alamat kita sudah bisa membuktikan ke akuratan data kita. Jadi kita tinggal melihat di tahap mana terjadi kesalahan sehingga terjadi barang tidak samapai ke tangan kita.
6.       Memantau Pengiriman
Anda di haruskan memantau pengiriman yang di lakukan oleh penjual. Dengan cara menginputkan kode/Resi yang di berikan penjual saat konfirmasi pembayaran telah di lakukan. Silahkan inputkan resi tersebut pada aplikasi cek resi atau lewat laman web online, sesuai dengan kurir yang anda pilih sebelum pembayaran. Pantau terus keberadaan pesanana anda dan kawal sampai ke tangan anda.
Demikian sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *