fbpx

5+ Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Serta Memiliki Keuntungan Yang Berlimpah Ruah

info-usaha.com, usaha – Tidak peduli siapa kita, baik itu kita sebagai salah satu karyawan tetap di sebuah perusahaan ataupun kita hanya sebagai orang biasa. Namun jika kita memiliki keinginan untuk penghasilan yang lebih dari apa yang sudah kita terima sebelumnya. Maka kita harus melakukan Usaha Sampingan tentunya. Usaha sampingan merupakan salah satu jalan keluar yang harus kita jalani karena untuk memenuhi keinginan kita tadi. Apalagi usaha sampingan dengan modal kecil.
Beberapa kendala yang kita alami ketika kita ingin menjalankan sebuah usaha sampingan adalah modal. Karena banyak dari kita beranggapan bahwa usaha sampingan ini harus di lakukan dengan modal yang besar, dan tanpa adanya modal yang besar maka usaha sampingan tersebut tidak akan pernah bisa kita mulai. Namun, untuk orang yang bijak, walaupun mereka memiliki penghasilan yang pas-pasan namun mereka memberanikan diri untuk meminjam kepada pihak lain untuk di jadikan modal usahanya.
Jelas itu benar adanya, uang yang mereka pinjam dari pihak lain ersebut di harapkan bisa menopang usaha sampingan yang mereka jalankan. Nah, itu jika anda berani menjalankan seperti mereka. Jika kita tidak berani atau peru banyak pertimbangan, maka di bawah ini kami akan menyajikan beberapa masukan dan pilihan usaha yang bisa dan pantas anda coba untuk di jadikan usaha sampingan anda.

1. Menjual Pulsa Elektrik

Banyak orang yang enggan untuk menjalankan usaha sampingan sebagai penjual pulsa elektrik. Hal itu di karenakan banyak faktor juga, yang mereka anggap dapat mematikan usaha sampingan mereka. adahal hal tersebut tentu saja bertolak belakang dengan keadaan yang sebenarnya yang terdapat dalam usaha ini.
Dimana kita hanya membutuhkan modal kecil untuk dapat menjalankan usaha sampingan ini. Modal yang kita butuhkan relatif dan di sesuaikan dengan keadaan kantong kita. Ini artinya kita tidak perlu ragu. Anda memiliki Uang 1 Juta Rupiah untuk memulai usaha ini ? Bisa !. Tentu saja dengan modal kecil itu anda sudah bisa memiliki usaha sampingan modal kecil sebagai penjual pulsa elektrik.
Mengapa kami menyarankan anda untuk melakukan atau menjalankan usaha sampinan sebagai penjual pulsa elektrik ? Karena kini siapa lagi orang yang tidak menggunakan Handphone atau perlatan lain yang menggunakan atau memerlukan pulsa. Sebagian besar dari kita menbggunakan kartu pra bayar untuk menjalankan kegiatan telekomunikasi mereka. Di samping itu juga adanya pemerintah menerbitkan PLN Pra Bayar. Tentu saja ini sangatlah mendukung usaha sampingan kita tadi. Dan kita juga tidak perlu repot mencari pasar. Karena dimana saja dan kapan saja pasar selalu ada dan terbuka untuk usaha ini.
Bahkan jika anda bisa menekuni  usaha ini. Yang tadinya hanya sebagai usaha sampingan, bisa saja usaha ini menjadi usaha pokok anda. Karena omzet yang ditawarkan oleh usaha sampingan ini juga sangat fantastis. Dalam kurun waktu satu tahun saja anda bisa meraup omzet triliunan lho. Namun tentu saja disesuaikan dengan modal anda dan cara kerja anda.

2. Jual Makanan Pagi Untuk Sarapan

Tentu saja usaha sampingan yang ke dua ini menuntut kreatifitas anda. Yang mana dalam hal ini tentunya adalah keterampilan anda dalam memasak. Namun, tentu saja jika anda adalah wanita, anda bisa lebih memilih kategori ke dua ini. Karena tentu saja wanita akan lebih suka memasak di banding dengan seorang pria. Walau tak jarang ada juga beberapa pria yang suka memasak, atau memiliki keterampilan dalam memasak ataupun sebaliknya terhadap perempuan.
Nah, memulai usaha sampingan ini juga tentunya bisa dengan modal kecil. Atau dengan kata lain anda bisa memulai dengan usaha kecil kecilan. Namun tingkat kecocokan usaha sampingan ini, anda berdomisili di daerah yang padat penduduk atau kota kerja. Dimana orang orang di sekitar kita memiliki tingkat kesibukan yang lebih di bandingkan tempat lain. HAl itu di karenakan akan berpengaruh kepada konsumen. Karena tentu saja supaya lebih oke oce harus banyak pelanggan.
Usaha sampingan ini juga tidak menuntut modal yang besar. Namun usaha sampingan ini cukup dengan modal 3 jutaan saja anda sudah bisa memulainya. Tergantung dari jenis dan masakan apa yang akan anda perdagangkan. KAlau sekedar nasi uduk saja dengan lauk seadanya mungkin itu sudah sangatlah besar. Omzet yang bisa anda dapatkan juga tidaklah kalah kecil. Omzet anda bisa saja mencapai 2 jutaan. Jadi semoga usaha sampingan ini bisa menjadi pilihan anda.

3. Usaha Sampingan Jasa Laundry

Di bandingkan kedua usaha di atas usaha sampingan yang satu ini memerlukan modal yang agak sedikit besar di bandingkan keduanya. Namun tidak ada salahnya jika usaha ini pantas untuk di coba. Usaha sampingan Laundry ini membutuhkan modal setidaknya dikisaran angka 5 juta ke atas. Mengapa demikian ? karena peralatan yang kita butuhkan juga agak sedikit banyak. Lain hal jika perlatan di rumah memang sudah mumpuni. Misalnya mesin cuci dengan kapasitas yang cukup besar sudah ada, Setrikaan sudah ada, Pengering dll juga sudah ada. Jadi tentu saja modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sampingan ini akan semakin sedikit.
Anda tidak perlu ragu dengan pasar yang akan anda terima. Mengapa ? Karena, sekarang ini tanpa kita sadari tingkat kemalasan ataupun tingkat kesibukan yang kita jalankan di keseharian membuat beberapa pekerjaan rumah kita ada yang terbengkalai. Sehingga membuat sebagian orang memilih dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk dapat membantu meringankan pekerjaan mereka. Nah, Tentu saja mereka akan memulai membagi dari hal hal kecil seperti mencuci dan menyetrika pakaian. Karena kalau masakan biasanya tingkat kecocokan terhadapan masakan akan mempengaruhi jelas. Sehingga masakan akan di ambil untuk dikerjakan sendiri.
Nah, tentu saja itu merupakan kecocokan dengan usaha sampingan modal kecil ini. Anda tinggal membeli timbangan dan siap membantu mereka. Sedangkan dterjen dan pengharum juga harus anda beli untuk memberikan pelayanan terbaik. Hal itu tentunya juga mendukung usaha sampingan anda. Perlu anda ketahui bahwa omzet yang di miliki usaha sampingan ini adalah berada pada kisaran 15-17 % dari harga per kilo pakaian yang anda loundry.

4. Menjual Hasil arya Fotography anda di Internet

Nah, Jika anda memiliki hobi sebagai seorang fotografer mungkin ini merupakan salah satu pilihan dan cara anda untuk memiliki usaha sampingan. USaha ini tentunya memerlukan keahlian tersendiri dibidangnya. Untuk mendapatkan shoot foto yang bagus. Nah, jika hasil yang di miliki juga bagus anda bisa mendaftarkan diri kebeberapa penyetok foto online.
Usaha sampingan ini cukup menjanjikan dan sangatlah minim modal. alias modal kecil. Omzet jika anda di terima bisa mencapai 15 – 30 % dari hasil penjualan. Tentu saja ini menarik untuk di coba

5. Membuka cuci steam atau jasa cuci mobil dan motor.

Membuka jasa cuci mobil dan motor merupakan usaha sampingan modal kecil yang ke enam yang kami berikan. JIka anda memiliki kendaraan dan pernah merasa malas untuk mencucinya, sehingga anda membawa ke tempat jasa cucian mobil dan motor maka anda akan mengetahui seberapa rumit dan ringankah usaha sampingan ini.
Usaha sampingan jenis ini tentunya di katakan sulit ya sulit tidak ya memang tidak. Modal kecil atau anda bisa memulai dengan modal yang minim 3 jutaan saja anda sudah bisa memulainya. Apalagi di dukung dengan peralatan dan perlengkapan yang sebenarnya sudah ada di rumah anda. Jadi tinggal membeli perlengkapan pendukung lain yang di anggap perlu.
Untuk lokasi usaha sampingan cucian motor ini, bisa anda gunakan pekarangan rumah anda jika memungkinkan. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran modal usaha. Untuk pangsa pasar sendiri akan di mulai dari tetangga ataupun teman teman anda dan atau warga disekitar anda. KArena ada banyak sekali orang yang enggan untuk mencuci sendiri kendaraanya. Tentu saja itu merupakan kesempatan untuk anda.

6. Membuka Usaha Jual Beli Kendaraan Bekas

Kendaraan yang kami maksudkan adalah misalnya motor. Karena modal yang di butuhkan juga tidak terlalu besar. Akan tetapi usaha sampingan ini memerlukan tingkat ketelitian sendiri dan keberanian. Mengapa demikian ? karena setidak tidaknya anda harus sedikit memahami tentang otomotif. Terutama tentang sepeda motor.
Salah satu contoh dari jual beli motor bekas ini. JIka anda memiliki keterampilan anda bisa menambahkan sedikit modal untuk memberikan sentuhan akhir yang membuat motor bekas tadi terlihat lebih tampan dan gagah dimata calon pembeli anda. Sebagai contoh anda membeli motor tua yang kemudian anda berikan sentuhan akhir dengan mengubah penampilannya. Yang tadinya harga sepeda motor tersebut cuma 3 jutaan bisa naik menjadi 1 sampai 2 kali lipat dari harga modal anda. Bayangkan saja jika hal tersebut bisa anda miliki. Dan dalam sebulan anda bisa menjual 2 – 4 kendaraan saja. Namun usaha sampingan ini kembali kami katakan membutuhkan keberanian.

7. Jasa desain grafis

Tidak semua orang memiliki keahlian ini, tetapi jika Anda bekerja di bidang desain grafis atau memiliki keterampilan dalam menciptakan desain grafis maka Anda bisa menghasilkan uang lebih. Sistemnya sama dengan pekerja lepas. Anda bisa mencari klien melalui beberapa website desain di Indonesia seperti Sribu.com dan Projects.co.id. Anda juga dapat menggunakan website inggris untuk pasar internasional dengan tariff lebih tinggi seperti 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com (dulu bernama Odesk.com).
Dari website-website itu, Anda mungkin dapat pekerjaan untuk desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, interior dan banyak lagi. Setiap kerjaan ini memiliki bayaran yang bervariasi tergantung dengan persetujuan antara Anda dan klien. Modal yang Anda perlukan untuk memulai usaha sampingan ini adalah keahlian Anda dalam membuat desain grafis, koneksi internet dan komputer.
8. Jadi social media influencer
Bila Anda merupakan salah satu pengguna sosial media yang aktif, maka istilah sosial media influencer mungkin merupakan sesuatu yang tidak asing lagi. Kini banyak sosial media influencer yang pekerjaan tetapnya memproduksi konten di channel sosial media mereka. Baik itu video di youtube, foto-foto di Instagram ataupun konten lainnya. Jika Anda ingin memperoleh penghasilan tambahan seperti sosial media influencer, Anda juga dapat melakukannya.
Hal terpenting dari usaha sampingan ini adalah follower. Jika Anda belum memilikinya maka Anda perlu memulai untuk mengembangkan jumlah follower Anda di sosial media. Tentukan konten yang ingin Anda ciptakan, apakah itu video tentang travel atau foto tentang makanan ataupun review tentang game dan banyak pilihan lainnya. Setiap konten ini memiliki jumlah pasar pengikut yang berbeda-beda dan cukup besar di dunia internet. Anda perlu aktif dalam menciptakan konten yang berkualitas dan informatif sehingga jumlah pengikut Anda terus berkembang.
Setelah Anda memiliki jumlah follower yang cukup banyak maka Anda dapat menghampiri perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang berhubungan dengan konten Anda. Kemudian Anda dapat bernegosiasi untuk mengpromosikan produk mereka di sosial media Anda dengan sejumlah biaya.

9. Jasa les privat

Keahlian apapun yang Anda miliki dan dapat dibagikan kepada sesama dapat menjadi sumber penghasilan juga. Baik itu keahlian bermain alat musik ataupun berbahasa asing dapat dijadikan materi untuk les privat. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk mengadakan les privat, Anda dapat mengunjungi rumah murid Anda dan mengajar di rumah mereka.
Modal terpenting dari usaha sampingan ini adalah keahlian Anda. Modal lainnya kemungkinan besar hanya peralatan yang mendukung kelas privat itu. Seperti buku, pena, pensil, ataupun instrumen music. Saat Anda ingin mengembangkan usaha ini maka Anda dapat memikirkan untuk merental tempat dan membeli kursi dan meja untuk beberapa murid sekaligus.
Biaya yang Anda tagihkan untuk les privat ini sebaiknya Anda tergantung pada kondisi ekonomi daerah Anda dan kemampuan target pasar Anda. Apabila Anda berada di kota besar seperti Jakarta, Anda dapat menagihkan biaya yang standard dengan pasaran les privat. Sedangkan jika target pelanggan Anda masyarakat di kota kecil maka jangan memasang tarif yang tinggi.

10. Jasa penerjemahan

Apabila Anda tidak ingin mengajar les privat untuk bahasa asing, Anda masih dapat menjadi penerjemah. Yang pasti sebelumnya, Anda harus menguasai bahasa lain dengan lancar. Dengan demikian jika ada kerjaan lepas untuk translasi, Anda dapat menagihkan sejumlah biaya dan menerima penghasilan tambahan. Terjamahan tersebut dapat untuk dokumen seperti skripsi, artikel, makalah ataupun dokumen lainnya.
Tarif untuk bisnis penerjemah sampingan biasanya berkisar antara Rp 50/kata. Jadi untuk 1 halaman yang memiliki 500 kata maka Anda dapat menagih sebesar Rp 25.000. Bayangkan jika Anda dapat menerjemah 10 halaman dalam 1 hari, keuntungan yang diperoleh dapat mencapai Rp 250.000.
Anda dapat memulai mencari kerjaan lepas untuk penerjemah di Freelancer.co.id dan Sribulancer.com. Selain dari menguasai bahasa asing, modal yang dibutuhkan untuk menjadi penerjemah hanyalah internet dan komputer.
BACA JUGA :   the wealth of nature that should be taken

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: