fbpx

4 Peluang Usaha dan Ide Bisnis Di Desa Yang Menguntungkan

peluang usaha dan ide bisnis di desa

Kerja adalah salah satu kegiatan rutin yang harus kita jalani di kesaharian. Namun, dari waktu ke waktu sulitnya mencari kerja mungkin di rasakan oleh sebagian orang. Untuk masyarakat yang berada di pedesaan mungkin kerja yang di jalani adalah sebagai petani.

Selain itu juga di desa sering kita lihat warga masyarakat yang mengandalkan pekerjaan sebagai buruh harian. Akan tetapi tentu saja hal tersebut masih dapat memenuhi kebutuhan mereka di keseharian.

Kadang kita juga melihat ada wirausaha yang menjalankan beberapa usahanya di lingkup pedesaan. Tentu hal itu merupakan kemajuan di dalam sebuah desa tersebut. 

Kemajuan masyarakatnya tentunya di iringi dengan perkembangan teknologi yang ada dan sistem yang di jalani dalam sebuah desa. Tentu beberpa faktor tersebut mempengaruhi perkembangan penduduknya.

Tanggapan terhadap sebuah ide bisnis

Akan tetapi bagi masyarakat yang tidak terlalu perduli dengan beberapa hal tersebut akan melakoni pekerjaan yang tetap atau tidak mau berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain yang sebenarnya akan memberikan penghasilan yang lebih bagi mereka.   

Bagi masyarakat yang berfikiran lebih maju maka mereka akan memikirkan untuk berusaha atau apa peluang usaha lainnya lainnya. Yang kemungkinan akan memberikan penghidupan baru kepada mereka.

Nah, sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan. Modal kecil itu tentu saja yang menjadi pokok utama. Karena tentu saja modal kecil sangat berpengaruh kepada penggerak usaha.   

Jangan takut dengan modal kecil yang anda miliki. Melangkah dari hal kecil akan lebih bisa kita nikmati daripada melangkah langsung kepada hal-hal besar yang tentunya kita belum memiliki kesiapan yang cukup untuk menjalaninya.

Modal ?

Nah, bila saja hal ini terjadi pada kita maka kerugian akan cukup dekat dengan kita. Hal itu juga tentunya berbanding terbalik dengan sedikit modal usaha yang kita jalankan. Semakin kecil modal usaha maka kerugian pun akan tetap pada koridor yang kecil.   

BACA JUGA :   Contoh Soal UAS IPS Kelas 1 Semester 1

Nah, bicara modal kecil dan besar tentu, hal ini juga berbanding terbalik dengan hasil yang akan kita dapatkan. Mengapa demikian ? tentu ! karena modal kecil akan memberikan sedikit keuntungan bagi kita.

Sedangkan Modal yang cukup besar akan memberikan keuntungan yang cukup besar juga bagi kita. Setidak-tidaknya modal yang besar akan memberikan hasil di atas modal yang kecil.   

Akan tetapi walaupun kami berpendapat demikian. tidak menutup kemungkinan modal kecil mampu memberikan nilai penghasilan yang besar juga dan begitupun dengan modal besar bisa saja memberikan keuntungan yang kecil dan sama dengan usaha bermodal kecil.   

Intinya adalah keberanian dan kemauan kita dalam menjalankan usaha. Serta pengetahuan yang kita miliki harus sedikit lebih menyesuaikan dengan usaha yang kita jalani. Setiap pelaku usaha tentunya telah memikirkan berbagai cara untuk kemajuan usahanya. Mulai dari pemasaran maupun tepat dan lain sebagainya.   

Usaha apa saja yang bisa anda lakukan di desa ?   

1. Membuka Warung Gorengan

Jangan salah menilai. Warung gorengan yang anda miliki akan memberikan hasil maksimal . Banyak orang sukses hanya dengan modal sebuah gorengan.

Apalagi sekarang sebenarnya masyarakat kita di desa sudah ikut gaya ke kota-kotahan. Yang membuat kehidupan yang sebenarnya agak bermalas malasan. Tentu saja ini menjadi sebuah peluang bagi pelaku usaha. Modal yang di keluarkan untuk berjualan gorengan juga relatif kecil.

Tinggal bagaimana cara anda memulainya dan juga memasarkan. Perhatikan pola dan tingkah laku konsumen anda. Makanan berpariatif akan lebih baik. Walaupun skala yang kita miliki masih kecil.   

Perlu anda yakini bahwa peluang usaha gorengan ini cukup menjanjikan untuk di jalankan di desa. Banyak yang telah meraup keuntungan yang besar dari berdagang gorengan ini. Pelaku usahanya pun setiap saat selalu bertambah.

2. Membuka Jasa Menjahit. 

Jasa menjahit tentunya harus memiliki sedikit keterampilan lebih daripada seorang tukang gorengan. Namun tentu saja usaha ini memiliki modal yang cukup relatif kecil. Sama halnya berdagang gorengan.

BACA JUGA :   Facebook.com Fitur Barunya Yang Harus Kita Ketahui

USaha ini memiliki peluang pasar yang cukup besar walaupun di jalankan di pedesaan.    Jasa menjahit ini sangat di butuhkan. Sedikit kelebihan dari menjahit adalah bahan yang di gunakan tidak akan mudah basi.

Dan sampai kapan pun jahitan anda akan di cari. Tergantung anda melayani dan menunjukkan kulitas kepada pelanggan anda. 

Kualitas ini akan sangat berpengaruh kepada pasar anda. Misalnya dari kerapian jahitan, potongan dan lain sebagainya sangat menjadi penilaian bagi sebagian konsumen.

YAng terpenting yakinlah bahwa peluang usaha menjahit ini merupakan ide bisnis dan merupakan peluang usaha besar yang juga menjanjikan keuntungan yang besar pula.

3. Jasa service Elektronik. 

Sama seperti halnya kedua hal di atas. Usaha servie elektronik ini cukup menjanjikan untuk anda. Nah, sama halnya seperti menjahit tentu saja usaha ini harus memiliki pengetahuan lebih.

Jikalau tidak bisa berabe juga. USaha ini memelukan tingkat ketelitian dan ketekunan yang baik.Namun, usaha ini memiliki modal yang cukup kecil dan realatif menguntungkan.   

Bayangkan saja elektronika untuk masyarakat baik di pedesaan dan perkotaan sudah menjadi barang-barang yang tidak asing dan semakin banyak penggunanya.

Nah tentu saja ini juga memberikan peluang sendiri bagi kita. Tinggal kita adaptasi dengan kemampuan yang tengah kita miliki.

Elektronik yang berkembang di desa semakin hari akan semakin berubah. Sehingga adaptasi yang kami maksudkan adalah bagaiman kita upgrade kemampuan dari membaca berbagai komponen dan juga perlatan yang kita miliki.

Kedepan jika kita memiliki kemampuan membaca rangkaian yang sekarang biasa kita temui di televisi model lama. Ini harus segera di adaptasi dengan komponen yang berada televisi terbaru.

Insya allah pokok dasarnya tetap sama. Yang membedakan adalah ukuran dan bentuk daripada komponennya saja. Sehingga mungkin bisa lebih membiasakan untuk membaca diagram yang terbaru saja.

BACA JUGA :   Zodiak Yang Tak Memaafkan Pasangan Yang Berselingkuh !

4. Membuka Jual Beli Pulsa

Nah, counter atau jual beli pulsa ini termasuk juga hal yang sangat menjanjikan untuk di jalani. Memang pendapatan yang kita dapat tidak seberapa. Jika kita pandai dalam memenejemen usaha maka semua juga menjadi peluang besar dan sangat menjanjikan untuk kita.

Usaha jual beli pulsa ini memiliki penghasilan 1K sampai 2K kotor namun jika di kalikan banyak maka akan cukup menguntungkan bukan. Di tamba ada beberapa agen yang bisa menawarkan promo. Selain itu juga pulsa elektronik juga sudah di gunakan untuk Pelanggan PLN.

Jadi, usaha ini intinya tidak terlalu memikirkan pasar. Yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi sebuah usaha dan menjalankannya. Usaha ini pun menggunakan modal yang sedikit.

Contohnya admin pernah menjalankan dengan modal 100K selama satu tahun terkumpul 2jt. Selama kurang lebih satu tahun menjalankan usaha ini admin berusaha untuk menjadikan admin sebagai konsumern juga.

Lumayan bukan ?

Beberapa peluang usaha di atas kami lirik dari lingkungan sekitar. Yang telah terbkti dan teruji bisa di jalankan baik dengan modal kecil ataupun dengan skala besar.

Perlu diketahui ketika kita berada di desa ataupun dimana saja, yang terpenting adalah berpegang teguh pada prinsip. Prinsip yang teguh akan memebrikan asupan positif dari setiap kegiatan yang kita lakukan.

Keberhasilan yang kita dambakan akan lebih dekat kepada kita. Jika kita serius dalam menanggapi dan menganalisa sebuah ide bisnis dan peluang usaha yang ada.

Mungkin itu bisa di jadikan referensi bagi kita. Terutama kita yang bertempat tinggal di desa. Usaha dengan modal kecil dan menguntungkan. Semoga bisa memberikan manfaat dan menjadi pilihan untuk rekan-rekan yang sedang mencari peluang usaha.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: