Kubur Diri Hidup-Hidup,Pemuda di Tegal Ini Mengaku Sudah Pernah Mati

Seorang pemuda diamankan warga saat tengah berupaya mengubur dirinya di sebuah makam di tempat pemakaman umum (TPU). Peristiwa ini diketahui terjadi di samping pasar Bandung, Kelurahan Debong Kidul, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

Video perbuatan aneh warga tersebut beredar di media sosial pada hari Kamis (31/12/2020) kemarin. Dalam video yang diunggah akun Instagram @ndorobeii, terlihat seorang pemuda tengah menjadi tontonan warga karena kondisinya terkubur di sebuah tempat pemakaman. Pemuda itu hanya tampak kepala dan setengah badannya saja dengan posisi wajah menghadap ke dalam tanah.

Setelah diusut, ternyata pemuda tersebut berdalih menggali makam itu karena mendapat ‘bisikan’ untuk kembali ke alamnya. Pria itu mengaku sudah dalam kondisi meninggal dan telah dihidupkan kembali oleh Tuhan. 

“Aku pan balik maring alame aku (aku mau pulang ke alam saya),” ujar pemuda dengan logat ngapak.

Tarsumi, salah satu warga sekitar makam mengungkapkan kesakasiannya terkait tingkah laku aneh pemuda tersebut. Katanya, sebelum melakukan tindakan tersebut, pemuda itu mengutarakan bahwa dirinya pernah meninggal namun hidup kembali. 

“Dia malah pergi ke makam terus nggali tanah sendiri pakai tangan. Nggalinya cepet, tidak sampai setengah jam dalemnya sudah sekitar 70 sentimeter, terus langsung berbaring di situ kayak orang dikubur,” kata Tarsumi.

Berdasarkan pengakuan Tarsumi, pemuda bergelagat aneh itu bernama Wawan. Dia menyebut Wawan tengah mengidap stres. Hal itu membuat pria kelahiran 20 tahun silam itu bertingkah laku aneh. 

Sementara itu, berdasarkan keterangan warga, pemuda tersebut akhirnya diserahkan kepolisian setempat kepada pihak keluarganya melalui pemerintah desa setempat.