Categories: News

BKN Minta PPK Segera Terbitkan SK CPNS Formasi 2019

Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk segera menerbitkan surat keputusan (SK) calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019.

Hal ini merupakan tindak lanjut persetujuan teknis dan penetapan NIP yang telah dikeluarkan BKN.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, mengatakan, SK CPNS menjadi dasar bekerjanya para CPNS yang dinyatakan lolos dan diterima di instansi yang membuka lowongan.

“BKN meminta PPK segera menerbitkan dan menyerahkan SK CPNS agar para CPNS dapat segera mulai bekerja,” kata Paryono dikutip dari laman Kompas.com, Kamis (31/12/2020) malam.

Hingga saat ini, BKN fokus dalam memproses penerbitan persetujuan teknis dan penetapan Nomor Induk (NI) calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang telah berhasil tersaring pada 2019.

Jumlah PPPK yang tengah diproses persetujuan teknis dan penetapan NIP calon PPPK sebanyak 51.293 orang.

Akan tetapi, sejauh ini baru sedikit calon PPPK tahun 2019 yang telah ditetapkan persetujuan teknis dan penetapan NI-nya.

“Usul masuk untuk penetapan NI calon PPPK baru berjumlah 27.411 orang, kemudian untuk usulan yang masuk dari data entry itu baru sejumlah 2.664 orang,” ujar Paryono.

Menurut dia, hal tersebut karena Badan Kepegawaian di daerah melakukan data entry sendiri.

ini berbeda dengan penerimaan CPNS yang data entry-nya dilakukan oleh CPNS yang bersangkutan.

BKN berharap para pengelola kepegawaian di daerah sesegera mungkin melakukan data entry dan mengusulkan penetapan NI PPPK agar NI mereka dapat segera ditetapkan sehingga dapat segera mulai bekerja.

Sementara itu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, telah menerbitkan setidaknya 95 persen persetujuan teknis dan penetapan nomor induk pegawai (NIP).

Seleksi CPNS tahun anggaran 2019 telah berhasil merekrut 138.782 orang, dari 4,19 juta pendaftar.

Bima memastikan seleksi CPNS dilakukan dengan proses yang transparan dan bebas KKN, yang didukung oleh Computer Assisted Test (CAT) BKN.

“Hingga saat ini BKN telah menerbitkan 126.351 persetujuan teknis dan penetapan NIP atau 95% dari total 132.169 usulan masuk untuk penetapan NIP yang disampaikan instansi ke BKN,” kata Bima.

Sumber : Kompas.com

Nunuk Nuraini Peracik Bumbu Indomie Meninggal Dunia

JAKARTA-Nunuk Nuraini, peracik bumbu Indomie meninggal dunia pagi hari ini, 27 Januari 2021 pukul 02.55 WIB. Nama…

9 jam ago

Hati-hati ! Nomor Ponsel Pengguna Facebook Dijual Rp 280.000 di Telegram

BVHI,Jakarta-Sebanyak 533 juta data pengguna Facebook, seperti user ID dan nomor telepon seluler ( ponsel/HP)…

9 jam ago

Istri Bantu Suami Perkosa Wanita di Sumbar !

Pasangan suami istri (pasutri) AF (30) dan YN (40) masih diperiksa di Polres Kota Bukittinggi.…

16 jam ago

Aksi Nekat Pasangan Remaja 30 Detik di Atas Motor Terekam CCTV Hotel

BVHI,Tasikmalaya-Aksi Sepasang remaja menghebohkan warga Kota Tasikmalaya bersetubuh di atas motor, di pinggir jalan Komplek Olahraga…

19 jam ago

Bermodal Foto Bugil,SY Dengan Teganya Gagahi Janda anak dua

BVHI,Bengkulu-SY Seorang pria asal Kabupaten Kepahiang,Bengkulu diamankan oleh aparat kepolisian setelah mengancam akan menyebarkan foto…

1 hari ago

Ngaku Anggota TNI,Eh Diciduk TNI Asli

BVHI,Jakarta-Seorang Pria Jambi mengaku sebagai anggota TNI diciduk oleh Provos TNI saat hendak mengambil uang dari korbannya.…

2 hari ago