Besok, 156 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Mudik ke Jatim

VNT – Surabaya – Sebanyak 156 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia besok akan pulang ke Jawa Timur. Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyiapkan sejumlah protokol pengecekan kesehatan.

“Besok kita akan kedatangan PMI dari Malaysia, Pekerja Migran Indonesia yang terkonfirmasi sampai sore hari ini yang besok sore Insya Allah landing di Juanda ada 156 orang,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (6/4/2020).

Khofifah menambahkan para pekerja besok juga akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh hingga rapid test. Nantinya, pekerja yang positif akan dilakukan tes lanjutan dengan PCR.

“Kami sudah menyiapkan pos di mana bisa menampung dengan bed, ada 150 bad SOP-nya selain pada proses pemeriksaan suhu tubuh, maka besok juga akan dilakukan rapid test. Jika di dalam proses rapid test ternyata ada yang ditemukan positif, maka akan langsung dilakukan perawatan untuk bisa segera di-PCR,” papar Khofifah.

“Kalau misalnya di antara mereka meskipun dalam rapid test negatif, tapi ada tanda-tanda klinis seperti batuk demam, misalnya, maka juga akan segera langsung dibawa ke perawatan,” imbuh Khofifah.

Sedangkan yang tesnya negatif dan dinyatakan sehat, Khofifah menyebut akan mengantar ke daerahnya masing-masing. Namun, harus dikarantina 14 hari.

“Yang sudah ada di tes negatif tidak ada tanda-tanda klinis, maka mereka akan diantar oleh Pemprov pada titik dimana kepala desanya menyambut untuk diisolasi atau observasi 14 Hari. Jadi untuk persiapan penyambutan PMI besok saya meminta Pak Dokter Kohar sebagai koordinator tracing untuk menyiapkan segala sesuatunya,” pungkas Khofifah.