Pohon yang Terbakar Misterius di Makam Pemalang Akhirnya Ditebang

News, Video viral pohon tetiba terbakar di kompleks pemakaman Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, ramai dibahas di media sosial. Pohon yang terletak di Desa Penakir, Kecamatan Pulosari, Pemalang, itu akhirnya ditebang karena dinilai membahayakan warga.

“Agar (pohon) tidak membahayakan, kami telah evakuasi (tebang pohon). Karena bisa sewaktu-waktu roboh setelah terbakar di batang pohon bagian tengahnya,” ujar Kades Penakir Agus Riyadi (38) dilansir detikcom, Kamis (20/2/2020).

Agus mengungkapkan peristiwa itu terjadi pada Rabu (19/2) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu cuaca di lokasi sekitar pohon itu berada cukup mendung.

“Untuk penyebabnya, kami belum tahu persis karena apa. Hanya mendapatkan laporan sudah dalam kondisi terbakar. Nama pohonnya pule,” lanjutnya.

Agus juga mengaku tak tahu persis berapa umur pohon tersebut. Namun, yang pasti, kata Agus, pohon itu sudah ada sejak dia masih kecil.

“Tidak tahu penyebab pastinya. Di lokasi merupakan pemakaman, tidak ada listrik. Tidak juga dengan petir,” lanjutnya.

Pohon yang terbakar itu, lanjut Agus, merupakan satu-satunya pohon pule di kawasan tersebut. Pohon lain di lokasi tersebut adalah antara lain dan kemboja.

Diberitakan sebelumnya, video penampakan pohon tua di kompleks pemakaman di Pemalang terbakar viral di media sosial. Dalam keterangan yang beredar, pohon itu terbakar tiba-tiba tanpa sebab.

Baca Juga

Salah satu video yang ramai diperbincangkan adalah yang di-posting oleh akun Instagram @pemalang.update, Kamis (20/2).

Video berdurasi 42 detik tersebut memperlihatkan sebuah pohon besar yang berada di kompleks pemakaman Desa Penakir, Kecamatan Pulosari, Pemalang, tiba-tiba terbakar.

Berikut ini keterangan yang ditulis di video tersebut:

“Sebuah pohon tua yang berada di pemakaman umum (TPU) Desa Penakir Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang tiba-tiba terbakar. .
Pohon yang terletak di samping tempat keranda mayat TPU diperkirakan berusia ratusan tahun itu tiba-tiba terbakar, dan jadi tontonan warga.
.
Pohon tersebut berukuran cukup besar, dan jadi perhatian karena terbakar, Menurut salah satu warga yang ada di sekitar lokasi kejadian, pohon tersebut ujug ujug nyala geni dengan sendirinya. Bagian yang menyala itu bersumber dari dalam pohon, Sehingga warga heran dan getun, sampai akhirnya warga berdatangan untuk melihat langsung secara gamblang tanpa jare jare.
.
Kejadiannya sekitar jam 10.00 pagi, pertama kali dilihat oleh anak-anak SD, kata warga, hingga kini belum diketahui penyebab pasti terbakarnya pohon tersebut.
.
Cr @wildancorner_3508 / @ariskanofi @nova_widyaningrum

pemalangupdate #pemalang #desapenakir

pekalongan #jawatengah #jawatimur #pulosari”

Komentar