Categories: Uncategorized

Penggunaan Masker Tak Boleh Lebih dari 6 Jam, Ini Penjelasan Dokter Paru

News, JAKARTA–Virus Corona yang melanda Cina membuat sebagian besar penduduknya diharuskan memakai masker. Agar maskernya bisa digunakan kembali setelah dipakai, kebanyakan dari mereka pun merebusnya. Pasalnya, masker di negara tersebut menjadi semakin langka.

Ahli paru dari RS Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP, tidak menyarankan merebus masker karena bisa membuat pori-pori masker melebar dan membuatnya tidak berfungsi untuk menyaring kuman maupun virus.

dr Diah menjelaskan, idealnya, penggunaan masker maksimal 6 jam. Atau paling tidak, jika bentuknya masih utuh, tidak basah, dan kondisinya cukup baik, masih bisa untuk dipakai. Tapi ia memperingatkan untuk tidak menyimpan masker agar bisa digunakan keesokan harinya.

“Sekarang gini, kan dia nyaring kuman dari depan, terus dibesokin, terus dipegang,” terangnya, Jumat (31/1/2020).

dr Diah menyebutkan beda halnya dengan masker N95 yang ia gunakan di rumah sakit. Terkadang masker tersebut masih bisa dipakai kembali, dengan cara menaruhnya di tempat khusus, dibungkus dengan bungkusan yang berpori agar tidak lembab, digantung dan tidak menyenggol bagian depannya, lalu jika ingin menggunakan dipegang dari talinya bukan di depannya.

Selain itu, ia juga mengingatkan untuk mencuci tangan selepas menyentuh masker, misal saat melepaskannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari virus atau kuman yang menempel tidak masuk ke dalam saluran pernapasan maupun pencernaan.

“Habis lepas masker cuci tangan. Kan dia nyaring di bagian depan, kan kita nyentuh bagian itu, terus kucek-kucek hidung, pegang makanan, virusnya malah jadi masuk,” tandasnya.

SUMBER: DETIK

Nunuk Nuraini Peracik Bumbu Indomie Meninggal Dunia

JAKARTA-Nunuk Nuraini, peracik bumbu Indomie meninggal dunia pagi hari ini, 27 Januari 2021 pukul 02.55 WIB. Nama…

8 jam ago

Hati-hati ! Nomor Ponsel Pengguna Facebook Dijual Rp 280.000 di Telegram

BVHI,Jakarta-Sebanyak 533 juta data pengguna Facebook, seperti user ID dan nomor telepon seluler ( ponsel/HP)…

9 jam ago

Istri Bantu Suami Perkosa Wanita di Sumbar !

Pasangan suami istri (pasutri) AF (30) dan YN (40) masih diperiksa di Polres Kota Bukittinggi.…

15 jam ago

Aksi Nekat Pasangan Remaja 30 Detik di Atas Motor Terekam CCTV Hotel

BVHI,Tasikmalaya-Aksi Sepasang remaja menghebohkan warga Kota Tasikmalaya bersetubuh di atas motor, di pinggir jalan Komplek Olahraga…

19 jam ago

Bermodal Foto Bugil,SY Dengan Teganya Gagahi Janda anak dua

BVHI,Bengkulu-SY Seorang pria asal Kabupaten Kepahiang,Bengkulu diamankan oleh aparat kepolisian setelah mengancam akan menyebarkan foto…

1 hari ago

Ngaku Anggota TNI,Eh Diciduk TNI Asli

BVHI,Jakarta-Seorang Pria Jambi mengaku sebagai anggota TNI diciduk oleh Provos TNI saat hendak mengambil uang dari korbannya.…

2 hari ago