Categories: NewsUncategorized

Viral, Janda Ketipu Luar Dalam Akibat Modus TNI Gadungan

News, Bantul Jogjakarta – Penipuan berkedok TNI gadungan, Sukamdi (45) alias Andi Saputro ternyata tidak cuma menipu seorang janda berinisial H (47). Ternyata ada empat orang lain lagi yang jadi korban tipu daya Sukamdi.

“Dari pengecekan ponsel milik pelaku, ada empat orang yang dalam rayuan si pelaku, semuanya dijanjikan untuk dinikahi,” kata Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Riko Sanjaya saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (21/1/2020).

“(Korban) Kebanyakannya janda,” sambungnya.

Riko menuturkan keempat orang wanita itu tidak termasuk H. Salah satu yang bikin para wanita itu luluh dengan mulut manis pria yang mengaku berpangkat kapten itu.

“Terus sebelum ditangkap tanggal 18 (Januari) itu, ternyata tanggal 16 dia nikah siri,” ucapnya.

Untuk meyakinkan H, Sukamdi juga pernah memberikan jaket doreng kepada korban. Namun, korban sempat curiga karena tak lama jaket itu kembali diminta oleh Sukamdi.

“Dia juga pernah berikan jaket doreng ke korban, tapi diminta lagi dan dari pengakuannya jaket itu dijual lagi di pasar loak,” ujar Riko.

Sukamdi pun menyiapkan sejumlah nama samaran untuk mengelabui para korban yang mayoritas janda itu. Di antaranya Agung Setiawan atau Angga Setiawan. Ia juga mengaku berstatus duda. Soal seragam doreng yang dipakai Sukamdi, Riko menyebut pakaian itu dibeli dari toko perlengkapan militer. Sementara untuk Kartu Tanda Anggota (KTA) maupun surat-surat dipalsukan sendiri oleh Sukamdi.

“Pelaku ini residivis untuk kasus yang sama yaitu penipuan dengan modus mengaku anggota TNI. Sebelumnya dia ditangani Polres Sleman dan kena 2 tahun (penjara) dan baru keluar Maret 2019,” jelasnya.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Sementara itu, Sukamdi mengakui bahwa telah menikahi salah satu korbannya secara siri. Pernikahan itu ia langsungkan sebelum penangkapan polisi.

“Iya (nikah siri) di Jalan Wates,” jawab Sukamdi secara singkat. (ed/red)

Sumber detik.com