Ketika Sedang Bertengkar, Lakukan Hal ini Agar Tidak Berkepanjangan

VNT, Auto Islam – Dalam kehidupan berumah tangga, pertengkaran pasti lah ada. Walau terkadang pertengkaran ini bisa pertengkaran karena hal kecil ataupun memang karena hal-hal besar.

Sebenarnya pertengkaran itu tentu sudah menjadi lumrah dalam rumah tangga. Ada orang mengatakan bahwa pertengkaran merupakan bumbuh rumah tangga. Tapi tergantung sama yang menjalankan juga sih.

Awal pertengkaran di karenakan perbedaan pendapat di antara keduanya. Perebdaan itu tentu saja akan selalu ada. Karena masing-masing tentu memiliki ego tersendiri, pendapatnya sendiri dan keyakinan sendiri.

Tapi seharusnya dalam berkeluarga, perbedaan inilah yang bisa menjadi perhatian pasangan. Hal itu guna menutupi kekurangan masing-masing pihak.

Jika memang pertengkaran itu harus terjadi, ada baiknya kita tidak mengutamakan ego masing-masing. Karena jika tetap di turuti pertengkaran itu akan berlanjut dan bisa berakibat fatal. Guna menghindari hal tersebut, kami telah merangkum beberapa hal yang bisa anda lakukan saat bertengkar dengan pasangan agar tidak berkelanjutan.

Ambil Jarak Sejenak

Ketika terjadi pertengkaran didalam pernikahan maka cobalah untuk memberi ruang untuk dirimu dan pasanganmu. Dengan demikian akan sama-sama untuk menjernihkan pikiran. Karena perdebatan itu memunculkan amarah sehingga masalah akan semakin membesar jika tidak mengambil jarak. Dengan meluangkan waktu maka akan membuat pikiran lebih jernih sehingga ketika udah tenang bisa mengajar pasangan berdiskusi dan mencari solusi.

Jangan Merasa Ingin Menang Sendiri

Jangan egois dan merasa bahwa dirimu paling benar. Karena kebanyakan dari kita hanya ingin menang dan dianggap benar sehingga akan berdebat untuk mengalahkan pasangannya. Sehingga perlu menjaga kestabilan emosi agar permasalahan tidak berlarut-larut.

Memaafkan Diri Sendiri dan Pasangan

Cobalah belajar untuk memaafkan diri sendiri juga pasangan demi melerai pertengkaaran. Tidak boleh saling menyalahkan meski halini tidak mudah namun harus belajar menerima keadaan.

Tidak Mengungkit Masalah atau Luka Masa Lalu

Hal yang paling membuat jengkel dan semakin membuat pasangan marah adalah mengungkit masa lalu dan kesalahan pernah dilakukan dahulu. Membawa masalah yang sudah terjadi hanya akan memperburuk keadaan, sehingga harus dihindari.

Maka dari itu pasangan suami-istri harus menjaga komitmen pernikahan bersama-sama. Pasangan suami-istri harus sama-sama berusaha menjadi pribadi lebih baik lagi dalam membangun pernikahan yang lebih sehat.

Demikian 4 hal yang bisa dilakukan agar pertengkaran tidak berkepanjangan. Semoga bermanfaat

sumber :fimela.com