Categories: NewsUncategorized

Yang Menyambut Sekdes Tahun 2020, Gaji Setara PNS Dinaikkan Jokowi

News, Desa Dikutip dari laman tribun-timur.com, pada 30/12/2019. Pemerintah sudah menjamin seluruh perangkat desa, termasuk Sekretaris Desa juga mendapatkan gaji pokok.

Besarannya diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Besarannya lebih sedikit bila dibandingkan dengan gaji pokok Kades yang sebesar 120 persen gaji pokok PNS IIA, kalau Sekretaris Desa mendapatkan bayaran 110 persen dari PNS IIA yaitu sebesar Rp 2.224.420 per bulannya.

Besaran gaji yang telah dirubah ini mulai berlaku pada Maret 2019 lalu. Berhubung gaji perangkat desa berasal dari APB Desa, ada beberapa desa yang mungkin anggarannya sudah dirancang pas-pasan untuk program desa selama setahun.

Dengan begitu, kenaikan gaji perangkat desa maka bisa dilakukan mulai Januari 2020.

Sementara untuk tunjangannya, tidak ada angka pasti. Yang jelas, perangkat desa mendapatkan tunjangan yang berasal dari APB Desa dan keuntungan dari hasil pengelolaan tanah bengkok atau yang disebut lahan garapan milik desa.

Gaji perangkat desa juga mencakup jabatan lainnya selain Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Ada beberapa posisi strategis yang selama ini turut andil dalam kepengurusan desa, seperti Pelaksana Teknis Desa dan Pelaksana Kewilayahan.

Bila dilihat dari PP Nomor 11 Tahun 2019, gaji perangkat desa lainnya setara 100 persen sama dengan gaji pokok pegawai negeri sipil golongan IIA yaitu sebesar Rp 2.022.200 per bulannya. Selain gaji pokok, mereka juga berhak untuk mendapatkan tunjangan.

Sama dengan Kades dan Sekdes, tunjangan perangkat desa lainnya didapat dari hasil lahan garapan desa atau kalau di Jawa dikenal dengan tanah bengkok.

admin

Recent Posts

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!

4 jam ago

Waduh! Dibayar 22 Ribu,Pelaku Mesum di Halte Bus Ditangkap Polisi

JAKARTA-MA (21), salah satu pelaku mesum di Halte Bus SMKN 34, Jalan Kramat Raya, Senen,…

9 jam ago

Dikira Selingkuh Istri Tusuk Suami

BVHI,Jakarta-Leonora N menikam suaminya berulang kali setelah mengira sang suami berselingkuh, Cajeme, Sonora, Meksiko,Minggu (24/1/2021).…

12 jam ago

Narkoba Jenis Baru : “Selebgram Sekaligus Youtubers Asal Jakarta, Diringkus Polisi Di Bali”

Bali - Seorang selebgram sekaligus youtuber gaming asal Jakarta berinisial S (23), diringkus jajaran kepolisian…

16 jam ago

Jangan Ngutang Kalau Tidak Mau Di Tagih Dengan Ini !

Sebuah video mendadak viral di dunia maya, menampilkan seorang wanita yang mengirim karangan bunga resepsi…

21 jam ago

Tak Punya Uang,Keluarga Angkut Jenazah Dengan Pickup

Viral di media sosial foto jenazah dibawa pulang menggunakan mobil pickup. Peristiwa tersebut terjadi di…

1 hari ago