Viral News Today

Faktor Keamanan Menjadi Tugas Besar Pemerintah, Terkait Kecelakaan Bus Sriwijaya

News, Nasional Lakalantas yang terjadi pada 23/12/2019 dini hari, menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tentu dalam peristiwa kecelakaan ini menyisakan kisah tersendiri.

Bus Sriwijaya

Hal ini juga menjadi perhatian pemerintah pusat, terkait kemanan dalam dunia transportasi di negeri ini.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat sekaligus pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, menilai kecelakaan Bus Sriwijaya di Sumatera Selatan menjadi tugas besar bagi pemerintah.

Menurut Djoko, pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan masih kurang dalam memerhatikan keamanan angkutan massal tersebut.

“Bus pariwisata memang masih menjadi tantangan bagi pemerintah, khususnya Ditjen Hubdat, untuk dilakukan ramp check berkala seperti halnya bus umum dilakukan ramp check di terminal,” tuturnya ketika berbincang dengan Okezone, Rabu (25/12/2019).

Bangkai Bus Sriwijaya

Djoko menyoroti peristiwa tersebut termasuk kecelakaan besar di pengujung 2019 yang memakan korban hingga 28 orang. “Mungkin yang terbanyak dalam satu dekade terahir untuk kecelakaan bus pariwisata,” tuturnya.

Maka itu, Djoko mendorong Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengusut tuntas kecelakaan Bus Sriwijaya tersebut. Ia berharap KNKT bisa memberi rekomendasi agar bisa dilakukan perbaikan di kemudian hari.

“KNKT harus menginvestigasi mendalam, supaya rekomendasi dapat ditindaklanjut pihak terkait,” tuturnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *